Khairani, Masridah (2015) Faktor-faktor nasabah menggunakan tabungan marwah di PT. Bank Sumut Cabang Pembantu Syariah Panyabungan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
11 220 0110.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Pada tahun 2011-2014 jumlah nasabah tabungan marwah selalu mengalami penurunan dan kenaikan. Penurunan dan kenaikan jumlah nasabah bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa yang mendorong nasabah menggunakan tabungan marwah di PT. Bank Sumut Cabang Pembantu Syariah Panyabungan. Tabungan marwah (martabe wadiah) dengan prinsip yad dhamanah merupakan tabungan nasabah dalam bentuk titipan dimana pihak bank mengolah uang nasabah dengan cara menyalurkan kembali uang simpanan nasabah dan apabila terjadi kerugian dan keuntungan tidak ada ikut serta nasabah dalam pengelolaan uang simpanan nasabah, tetapi semua akan ditanggung oleh pihak bank. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan menggunakan angket terbuka. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah karyawan Costumer Service, dan nasabah tabungan marwah di PT. Bank Sumut Cabang Pembantu Syariah Panyabungan.Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan angket tebuka. Analisis data dengan klasifikasi data, reduksi data, deskripsi data, dan menarik kesimpulan. Data yang selanjutnya dicek dengan metode ketekunan dan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian faktor-faktor nasabah menggunakan tabungan marwah di PT. Bank Sumut Cabang Pembantu Syariah Panyabungan terdiri dari 8 faktor, yang mendorong nasabah adalah yang pertama, faktor kebudayaan (subbudaya) 100%, dan (kelas sosial) 40%. Kedua, faktor sosial (kelompok referensi) 60%, dan (keluarga) 25%. Ketiga, faktor pribadi (kepribadian dan konsep diri) 100%, (umur dan tahapan dalam siklus hidup) 55%, (keadaan ekonomi) 20%, dan pekerjaan 10%. Keempat, faktor fsikologis (motivasi) persentase 55%, dan (persepsi) 55%. Kelima faktor Pembiayaan dengan hasil wawancara dari Costumer Service dan hasil angket pembiayaan persentase 15%. Keenam, faktor pelayanan dengan Costumer Service dan pendapat nasabah 10%. Ketujuh dan delapan faktor simpati dan lokasi menurut hasil wawancara dengan Costumer Service yang menjadi penentu nasabah menggunakan tabungan marwah namun menurut nasabah faktor tersebut bukan sebagai penentu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. H. Fatahuddin Aziz Siregar, M.Ag. dan Nofinawati, MA |
Keywords: | Tabungan Marwah |
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012711 al-Wadi’ah (Penitipan Barang atau Modal) 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 21 Jul 2020 04:05 |
Last Modified: | 21 Jul 2020 04:05 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3645 |
Actions (login required)
View Item |