Nasution, Suhailah (2015) Pengaruh produk dan promosi terhadap keputusan nasabah memilih ar-râhn pada PT. Pegadaian (Persero) Unit Pelayanan Syariah Sadabuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
11 220 0129.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Produk dan promosi merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi perilaku nasabah dalam memilih produk ar-râhn, selain dari faktor lain yaitu faktor budaya, faktor sosial, dan faktor pribadi. Keputusan untuk membeli barang dan jasa tertentu terkadang merupakan hasil dari proses yang lama dan rumit yang mencakup kegiatan mencari informasi, membandingkan berbagai merek, melakukan evaluasi dan kegiatan lainnya. Dalam hal ini PT. Pegadaian (Persero) Unit Pelayanan Syariah Sadabuan melakukan beberapa usaha untuk mempengaruhi keputusan nasabah dalam memilih produk yang ditawarkan, seperti membuat variasi produk yang bertujuan untuk menghasilkan produkproduk yang diinginkan nasabah, sehingga akan berpengaruh terhadap keputusan nasabah dalam memilih produk yang sesuai dengan kebutuhannya serta melakukan promosi dengan menggunakan berbagai media. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh produk dan promosi secara parsial terhadap keputusan nasabah memilih ar-râhn secara simultan dan parsial. Serta, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh produk dan promosi terhadap keputusan nasabah memilih ar-râhn pada PT. Pegadaian (Persero) Unit Pelayanan Syariah Sadabuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket dan observasi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan menggunakan perhitungan statistik dengan bantuan program komputer yaitu SPSS (Statistical Package For Social Science) versi 17.0. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah produk (X1), promosi (X2), dan keputusan nasabah (Y). Dari hasil perhitungan regresi yang dilakukan maka diperoleh persamaan Y = 8,440 + 0,792Prd + 0,056Prom, dengan kata lain produk dan promosi memiliki pengaruh positif terhadap keputusan nasabah memilih ar-râhn pada PT. Pegadaian (Persero) Unit Pelayanan Syariah Sadabuan. Dari hasil data yang diolah terdapat pengaruh yang kuat antara produk dan promosi terhadap keputusan nasabah memilih ar-râhn pada PT. Pegadaian (Persero), hal tersebut ditunjukkan dengan perolehan R sebesar 0,779. Sedangkan R2 (R Squere) sebesar 0,606 atau 60,6%. Hal ini menunjukkan bahwa persentase sumbangan pengaruh variabel produk dan promosi terhadap variabel keputusan nasabah sebesar 60,6%. Sedangkan sisanya sebesar 39,4% dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Fatahuddin Aziz Siregar dan Rukiah |
Keywords: | keputusan nasabah; ar-râhn |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012705 al-Rahn (Pergadaian) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms. Suci Syahfifa Nasution |
Date Deposited: | 21 Jul 2020 04:24 |
Last Modified: | 21 Jul 2020 04:24 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3630 |
Actions (login required)
View Item |