Malasari, Tiur (2015) Analisa faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat Batangtoru terhadap produk KPR Griya BSM (studi kasus pada PT.Bank Syariah Mandiri Kcp Batangtoru). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
11 220 0040.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Rumah merupakan kebutuhan pokok manusia, sebagaimana halnya makanan dan pakaian. Sehingga permintaan masyarakat terhadap rumah tiap tahun terus bertambah. Namun harga rumah yang terus membumbung tinggi menyebabkan orang tidak mampu untuk membeli rumah secara tunai. Peluang inilah yang dimanfaatkan oleh BSM untuk menawarkan produk konsumtif yang dikenal dengan istilah KPR Griya BSM. Produk KPR Griya BSM ini hadir sebagai solusi yang baik bagi mereka yang kesulitan/ kekurangan dana untuk memiliki rumah pribadi ataupun merenovasi rumah pribadi. Saat ini KPR Griya BSM mulai banyak dilirik oleh masyarakat. Pemilihan KPR Griya BSM oleh beberapa orang disebabkan karena pengaruh harga, pelayanan dan promosi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah faktor harga, pelayanan dan promosi secara simultan berpengaruh terhadap minat masyarakat Batangtoru memilih KPR Griya BSM. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu perbankan syariah yaitu teori-teori yang berkaitan dengan pembiayaan dan didukung dengan ilmu manajemen pemasaran. Dalam penelitian ini akan dibahas mengenai beberapa faktor yang dapat mempengaruhi minat masyarakat Batangtoru memilih KPR Griya BSM. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Data yang dilakukan adalah data primer yaitu dengan membagikan angket kepada seluruh masyarakat Batangtoru yang menjadi pengguna produk KPR Griya BSM dengan mengambil sampel sebanyak populasi yaitu berjumlah 53 responden. Instrumen data yang digunakan adalah skala likert, teknik pengolahan data adalah SPSS 17. Berdasarkan hasil perhitungan, regresi berganda diperoleh persamaan regresi Y’= 5,591 - 0,158X1 + 0,807X2 + 0,308X3. Kemudian dari uji F diperoleh F hitung adalah 15,40 sedangkan F tabel untuk n=53 dan df 2 (n-k-1) = 49 adalah 2,79 maka dapat disimpulkan bahwa F hitung > F tabel (15,40 > 2,79) sehingga diperoleh kesimpulan bahwa faktor harga, pelayanan dan promosi secara bersama-sama berpengaruh terhadap minat masyarakat memilih KPR Griya BSM.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Fatahuddin Aziz Siregar dan Muhammad Isa |
Keywords: | KPR; bank syariah |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms. Suci Syahfifa Nasution |
Date Deposited: | 17 Jul 2020 08:24 |
Last Modified: | 17 Jul 2020 08:25 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3569 |
Actions (login required)
View Item |