Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan non muslim menjadi nasabah Bank Syariah Mandiri cabang Padangsidimpuan.

Fadilah, Nurul (2019) Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan non muslim menjadi nasabah Bank Syariah Mandiri cabang Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1540100202.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini membahas keputusan nasabah non mulim menjadi nasabah Bank Syariah Mandiri Cabang Padangsidimpuan. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan banyaknya nasabah non muslim yang menjadi nasabah di Bank Syariah, kenapa mereka berminat menjadi nasabah di bank syariah, apakah karena faktor syariah, yaitu pelarangan riba dan bunga yang terdapat pula dalam ajaran agama mereka atau dengan prinsip bagi hasil dan menanggung risiko bersamayang diterapkan oleh bank syariah. Rumusan masalah penelitian ini yaitu apakah pelayanan, produk, dan bagi hasil berpengaruh terhadap keputusan non muslim menjadi nasabah Bank Syariah Mandiri Cabang Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelayanan, produk, bagi hasil berpengaruh terhadap keputusan non muslim menjadi nasabah Bank Syariah Mandiri Cabang Padangsidimpuan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan ilmu perbankan. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah berkaitan dengan pelayanan, produk, bagi hasil dan keputusan nasabah non muslim serta faktor-faktor yang mempengaruhi pelayanan, produk, bagi hasil dan keputusan nasabah non muslim. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan jumlah populasi 4095 dan sampel 100 dengan teknik pengambilan sampel menggunakan sampel acak sederhana (simple random sampling). Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Penelitian ini menggunakan instrumen pengumpulan data dengan menggunakan angket dan wawancara. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, regresi linear berganda, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis (Uji R2, uji t dan uji F). Pengolahan datanya menggunakan software SPSS versi 23. Dari hasil penelitian data diperoleh nilai R 0,627, nilai R square = 0,638 artinya pelayanan, produk, bagi hasil mampu menjelaskan variabel dependen atau keputusan nasabah sebesar 63,8 persen sedangkan 36,2 persen dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar penelitian. Pelayanan berpengaruh secara parsial terhadap keputusan nasabah non muslim, dengan nilai thitung > ttabel (5,410 > 1,660). Produk berpengaruh secara parsial terhadap keputusan nasabah non muslim, dengan nilai thitung > ttabel (2,201 > 1,660). Bagi hasil berpengaruh secara parsial terhadap keputusan nasabah non muslim, dengan nilai thitung > ttabel (3,389 > 1,660). Variabel pelayanan, produk, bagi hasil berpengaruh terhadap keputusan nasabah non muslim, dengan nilai > (56,416 > 2,36).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nofinawati, M.A. dan Windari, S.E., M.A
Keywords: Pelayanan., Produk., Bagi Hasil dan Keputusan Nasabah Non muslim
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 14 Jul 2020 02:01
Last Modified: 14 Jul 2020 02:01
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3399

Actions (login required)

View Item View Item