Pohan, Rodiah Nur (2019) Analisis mitigasi risiko produk griya pada PT. Bank Syariah Mandiri kantor cabang pembantu Kotapinang. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1540100192.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Dari hasil wawancara yang dilakukan peneliti tentang produk Griya BSM dengan pegawai Bank Syariah Mandiri menemukan adanya persoalan tentang, ada empat (4) kasus yang menjadi risiko pada produk Griya BSM pertama adanya risiko kredit dengan kasus yang kedua kelemahan dalam menganalisis dan yang ketiga kemampuan nasabah dalam memenuhi kewajibannya, dan yang keempat jaminan bermasalah. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Apa saja Risiko-risiko yang dihadapi oleh Bank mandiri Syariah dalam pembiayaan Griya BSM pada Bank Syariah Mandiri KCP Kotapinang dan Bagaimana menganalisis mitigasi risiko yang dilakukan Bank Syariah Mandiri KCP Kotapinang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui risiko-risiko yang dihadapi dalam Produk Griya BSM dan untuk menganalisis mitigasi risiko yang diterapkan dalam menangani risiko terhadap produk Griya BSM Teori-teori yang berkaitan dengan penelitian ini ialah Bank Syariah adalah bank yang kegiatannya mengacu pada hukum Islam, pembiayaan adalah aktivitas bank syariah dalam menyalurkan dananya kepada pihak nasabah, Risiko adalah sebagai peluang terjadinya hasil yang tidak diinginkan, dan Mitigasi risiko adalah menerima risiko pada tingkat tertentu dengan melakukan tindakan untuk mitigasi risiko melalui peningkatan control. Penelitian ini merupakan metode kualitatif yaitu dimana yang dikumpulkan berupa pendapat, tanggapan, informasi, dan uraian dalam mengungkapkan masalah. Penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara bersama Bapak Santri Syahputra Dalimunthe dan Yamlikha Kahfi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode yang dilakukan dalam menimalisir risiko produk Griya BSM di Bank Syariah Mandiri KCP Kotapinang yaitu meminimalkan risiko yang dilakukan dengan tindakan sebelum pembiayaan bermasalah dengan cara menerapkan prinsip kehati-hatian, asuransi pembiayaan, dan mengingatkan nasabah sedangkan meminimalkan risiko yang dilakukan dengan tindakan setelah pembiayaan bermasalah dengan cara mengkirimkan surat peringatan (SP), dan rescheduling (melakukan penjadwalan kembali.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Delima Sari Lubis, M.A dan Jak Ja’far Nasution, LC, ME.I |
Keywords: | Mitigasi.,Risiko.,Produk Griya BSM |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Mr. Muhammad Ihsan Ritonga |
Date Deposited: | 14 Jul 2020 02:01 |
Last Modified: | 14 Jul 2020 02:01 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3398 |
Actions (login required)
View Item |