Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh promosi, pengetahuan dan pelayanan terhadap minat pedagang menggunakan jasa bank syariah di pasar Lama Panyabungan

Angraini, Nikmah (2020) Pengaruh promosi, pengetahuan dan pelayanan terhadap minat pedagang menggunakan jasa bank syariah di pasar Lama Panyabungan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1540100042.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Data yang diperoleh melalui Dinas Perdagangan Panyabungan menunjukkan masih banyak pedagang yang menggunakan jasa bank konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah promosi, pengetahuan dan pelayanan berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap minat pedagang menggunakan jasa bank syariah di Pasar Lama Panyabungan? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi, pengetahuan dan pelayanan secara parsial dan simultan terhadap minat pedagang menggunakan jasa bank syariah di Pasar Lama Panyabungan. Kegunaan penelitian ini adalah bagi peneliti, bagi pedagang di Pasar Lama Panyabungan, bagi IAIN Padangsidimpuan, bagi peneliti selanjutnya, dan bagi bank syariah. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan minat, promosi, pengetahuan dan pelayanan. Minat adalah segala sesuatu yang berasal dari dalam diri seseorang untuk memperoleh benda yang diminati tanpa ada unsur paksaan dari pihak mana pun. Promosi merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan suatu program pemasaran. Pengetahuan merupakan semua informasi yang dimiliki konsumen mengenai berbagai macam produk dan jasa, serta pengetahuan lainnya yang terkait dengan produk dan jasa. Pelayanan merupakan kegiatan pemberian jasa dari suatu pihak kepada pihak lainnya. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, sumber data adalah data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan dokumentasi dengan jumlah sampel 62 responden. Teknik analisis data dengan uji validitas, uji reabilitas, uji statistik deskriptif, uji normalitas, uji linearitas, uji asumsi klasik, uji multikolenearitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi, uji linear berganda, uji hipotesis, uji koefisien determinasi, uji t, uji F. Proses pengolahan data dibantu dengan software SPSS versi 23. Hasil penelitian adalah promosi berpengaruh terhadap minat pedagang di Pasar Lama Panyabungan. Pengetahuan berpengaruh terhadap minat pedagang di Pasar Lama Panyabungan. Pelayanan berpengaruh terhadap minat pedagang di Pasar Lama Panyabungan. Sedangkan secara simultan (uji F), promosi, pengetahuan dan pelayanan berpengaruh secara simultan terhadap minat pedagang di Pasar Lama Panyabungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr.H.Arbanur Rasyid,M.A,dan Hamni Fadlilah Nasution,M.Pd
Keywords: Promosi, Pengetahuan, Pelayanan, Minat pedagang
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 21 Jul 2020 09:02
Last Modified: 23 Jul 2020 09:23
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3316

Actions (login required)

View Item View Item