Harahap, Kholila Rizky (2018) Kinerja guru pendidikan agama Islam yang bersertifikat pendidik di MTs Swasta Islamiyah Napabarbaran Kabupaten Padang Lawas Utara. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1623100169.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang Masalah ini diteliti yang ditemukan bahwa guru Pendidika Agama Islam yang bersertifikat pendidik belum dapat menggambrkan bahwa mereka memiliki kinerja yang baik, karena melihat dari keseharian dari guru di lingkungan madrasah ini masih sama saja. sehingga perlu untuk ditelusuri lebih lanjut mengenai kinerja guru Pendidikan Agama Islam yang bersertifikat pendidik di MTs Swasta Napabarbaran Kabupaten Padang Lawas Utara. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja guru Pendidikan Agama Islam, dan peningkatan yang diperoleh serta faktor yang mempengaruhi kinerja guru Pendidikan Agama Islam yang bersertifikat pendidik di MTs Swasta Islamiyah Napabarbaran Kabupaten Padang Lawas Utara. Metodologi penelitian, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru Pendidikan Agama Islam yang bersertifikat pendidik di MTs Swasta Islamiyah Napabarbaran Kabupaten Padang Lawas Utara belum dapat dikatakan sebagai guru yang memiliki kinerja yang baik, karena guru tersebut belum sepenuhnya mampu untuk menerapkan berbagai kriteria seorang guru yang memiliki kinerja yang baik. Kinerja guru pendidikan agama Islam yang sudah memperoleh sertifikat pendidik belum terlihat adanya peningkatan, karena dilihat dari keaktifan guru dalam mengajar, kesiapan perangkat, dan penyesuaian metode dengan materi pelajaran belum menunjukkan adanya inovasi-inovasi baru dalam mengajar, dan boleh dikatakan bahwa cara mengajar mereka masih sama saja seperti sebelum memperoleh sertifikat pendidik. Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru Pendidikan Agama Islam yang bersertifikat pendidik di MTs Swasta Napabarbaran Kabupaten Padang Lawas Utara yaitu: 1) faktor internal, yaitu: kemampuan, kepribadian dan pengalaman lapangan. 2) faktor eksternal, yaitu: gaji dan sarana prasarana.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | Kinerja guru PAI; Sertifikat pendidik |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Aflah Indra Pulungan |
Date Deposited: | 08 Jul 2020 09:43 |
Last Modified: | 08 Jul 2020 09:43 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3256 |
Actions (login required)
View Item |