Kurniadi, Hidayat (2020) Pengaruh religiusitas, reputasi, pelayanan, pengetahuan dan lokasi terhadap keputusan nasabah menggunakan Bank Syariah : studi kasus Ponpes Musthafawiyah Purba Baru. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1540100207.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Santri sebagai salah satu komponen masyarakat terhadap pangsa pasar yang layak jadi pertimbangan bank untuk menambah jumlah nasabah mereka. Salah satunya adalah lembaga pendidikan yang peneliti lakukan pada salah satu lembaga pendidikan yang berlandaskan pada nilai-nilai keislaman yaitu Pesantren Musthafawiyah Purba Baru, Selain dalam sistem pembelajaran keislaman, Pesantren Musthafawiyah Purba Baru juga menerapkan nilai-nilai Islam dibidang ekonomi yaitu dengan menjalin kerja sama dengan bank syariah. Hasil dari pra risetnya adalah dari jumlah santri Pesantren Musthafawiyah sebanyak 3700 orang dan 279 orang diantaranya menggunakan jasa bank Syariah, sementara sisanya tidak menggunakan jasa bank Syariah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori keputusan nasabah yang berkaitan dengan lima tahap pengambilan keputusan dan pembahasan penelitian berkaitan dengan Religiusitas, Reputasi, Pelayanan, Pengetahuan, dan Lokasi. Penelitian ini merupakan penelitin kuantitatif, sumber data yang digunkan adalah data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dengan jumlah sampel 74 responden dengan teknik pengukuran sampelnya adalah rumus slovin. Analisis yang digunakan adalah uji validitas dan uji reabilitas serta uji asumsi klasik. Analisis regresi linier berganda, uji hipotesis dan uji koefisien determinai R2. Hasil penelitian menggunakan program SPSS versi 23, diperoleh hasil pengukuran regresi dengan persamaan Keputusan = 20,361 + 0,248 Religiusitas + 0,092 Reputasi + (-0,143) Pelayanan + 0,560 Pengetahuan + (-0,047) Lokasi. Data adjusted R Square sebesar 0,400 hal ini berarti 40% variabel religiusitas, reputasi, pelayanan, pengetahuan, lokasi terhadap keputusan nasabah. Sedangkan sisanya sebesar 60% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dicantumkan pada penelitian ini. Hasil penelitian secara parsial (Uji t) thitug ˃ ttabel yaitu Religiusitas dan Pengetahuan secara parsial berpengaruh terhadap Keputusan Nasabah. Sedangkan variabel reputasi, pelayanan dan lokasi nilai t hitung ˂ t tabel artinya secara parsial tidak berpengaruh terhadap Keputusan Nasabah. Hasil penelitian secara simultan (Uji F) Fhitung (10,371) ˃ Ftabel (2,35) dan signifikansi ˂ 0,05 (0,000 ˂ 0,05) maka H0 ditolak jadi dapat disimpulkan bahwa Religiusitas, Reputasi, Pelayanan, Pengetahuan, Lokasi secara bersama-sama berpengaruh terhadap Keputusan Nasabah menggunakan bank syariah (studi kasus Ponpes Musthafawiyah Purba Baru).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Religiusitas; Reputasi; Pelayanan; Pengetahuan; Lokasi dan Keputusan Nasabah |
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Mr. Muhammad Ihsan Ritonga |
Date Deposited: | 10 Jul 2020 07:46 |
Last Modified: | 10 Jul 2020 07:46 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3149 |
Actions (login required)
View Item |