Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh kemudahan, daya guna, kenyamanan, kepercayaan terhadap minat nasabah pengguna mobile banking pada PT. Bank Syariah Mandiri KCP Gunung Tua

Harahap, Sahriani (2020) Pengaruh kemudahan, daya guna, kenyamanan, kepercayaan terhadap minat nasabah pengguna mobile banking pada PT. Bank Syariah Mandiri KCP Gunung Tua. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1540100190.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan E-Banking mengalami kemajuan yang besar, transaksi bank menjadi mudah, cepat dan real time tanpa ada batasan waktu dan tempat. Produk jasa yang dikeluarkan bank turunan dari E-Banking salah satunya Mobile Banking. Meskipun banyak keuntungan menggunakan Mobile Banking tetapi kenyataannya masih kurang di minati oleh nasabah. Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh variabel kemudahan, daya guna, kenyamanan, kepercayaan secara parsial dan simultan terhadap minat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh variabel kemudahan, daya guna, kenyamanan, kepercayaan terhadap minat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori yang berkaitan dengan mengelola kualitas layanan perbankan yang membahas tentang minat, kemudahan, daya guna, kenyamanan, kepercayaan serta pembahasan mobile banking dengan sub pembahasannya. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan sumber data yang digunakan adalah data primer. Teknik pengumpulan datanya dengan angket/ kuesioner dengan teknik Accidential Sampling. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji linieritas, uji normalitas, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Dengan menggunakan program SPSS Versi 20 diperoleh hasil penelitian secara parsial variabel kemudahan mempunyai pengaruh signifikan terhadap minat nasabah nilai thitung > ttabel (4,375 > 1,661), variabel daya guna mempunyai pengaruh signifikan terhadap minat nasabah dengan thitung > ttabel (2,419 > 1,661), variabel kenyamanan tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap minat nasabah nilai thitung < ttabel (0,825< 1,661) dan kepercayaan tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap minat nasabah dengan thitung > ttabel (0,996 < 1,661). Secara simultan variabel kemudahan, daya guna, kenyamanan, kepercayaan mempunyai pengaruh signifikan terhadap minat nasabah dengan Fhitung > Ftabel (13,987 > 3,53) dan nilai Sig < 0,1 (0,000 < 0,1). Uji koefisien determinasi variabel kemudahan, daya guna, kenyamanan, kepercayaan mampu menjelaskan minat nasabah pengguna Mobile Banking sebesar 37,3 persen sedangkan 62,7 dijelaskan oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kemudahan; Daya Guna; Kenyamanan; Kepercayaan; Minat
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 10 Jul 2020 07:49
Last Modified: 10 Jul 2020 10:16
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3097

Actions (login required)

View Item View Item