Harahap, Sahren (2017) Kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Hiteurat Kecamatan Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1523100107.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam sangat mempengaruhi kemampuan dalam mengelola kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Hiteurat Kecamatan Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara, mengetahui kendala guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Hiteurat Kecamatan Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara dan mengetahui kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kendala mengelola kelas di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Hiteurat Kecamatan Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yaitu suatu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena. Penelitian ini didasarkan atas realitas situasi dan kondisi Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Hiteurat Kecamatan Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara. Peneliti menggunakan teknik wawancara dan observasi untuk mendapatkan data dan informasi dari guru-guru Pendidikan Agama Islam, Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah dan siswa Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Hiteurat Kecamatan Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara. Teknik analisis penelitian ini menggunakan tiga tahap yaitu; reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Dari penelitian yang dilakukan ada 3 temuan yaitu: (1) Kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Hiteurat Kecamatan Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara belum sepenuhnya dapat menguasai keempat komponen mengelola kelas; (2) Kendala guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Hiteurat Kecamatan Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara adalah proses belajar proses mengajar yang monoton, pemahaman guru tentang peserta didik yang terbatas, jumlah peserta didik yang terlalu besar dalam kelas, terbatasnya fasilitas dan kelas kurang kohesif (kurang kompak); (3) Kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kendala mengelola kelas di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Hiteurat Kecamatan Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara adalah dengan melakukan pengaturan peserta didik, pengaturan sarana fasilitas, pengaturan prsedur-prosedur dan pengaturan administrasi teknik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | Kompetensi paedagogik; guru PAI |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Aflah Indra Pulungan |
Date Deposited: | 29 Jun 2020 07:23 |
Last Modified: | 29 Jun 2020 07:23 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2816 |
Actions (login required)
View Item |