Hanani, Ulfah (2019) Strategi pemasaran pembiayaan cicil emas pada pt. bank syariah mandiri cabang Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1540100209.pdf - Accepted Version Download (3MB) |
Abstract
Produk cicil emas pada PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Padangsidimpuan mengalami peningkatan nasabah setiap tahunnya, namun peningkatan tersebut belum terjadi secara signifikan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan peneliti pertumbuhan nasabah cicil emas setiap tahunnya hanya berkisar sepuluh samapai dengan lima belas orang saja. Hal ini disebabkan oleh uang muka sebesar 20% untuk emas batangan dan 40% untuk perhiasan yang harus dilunasi oleh nasabah sebelum sebelum melakukan pembiayaan. Sehingga banyak nasabah yang tidak mampu untuk memcicil emas pada PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Padangsidimpuan.. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana analisa strategi pemasaran pembiayaan cicil emas pada PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Padangsidimpuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa strategi pemasaran pembiayaan cicil emas pada PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Padangsidimpuan. Metode Penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif, yang artinya yaitu penelitian yang bermaksut untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian yaitu bagaimana strategi pemasaran pembiayaan cicil emas pada PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Padangsidimpuan. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi. Informan penelitian ini adalah karyawan dan nasabah cicil emas PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Padangsidimpuan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi pemasaran pembiayaan cicil emas pada PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Padangsidimpuan berjalan dengan baik dengan menerapkan metode pemasaran marketing mix (bauran Pemasaran) sebagai alat dalam pemasaran produk pembiayaan cicil emas. Strategi yang paling diandalkan oleh PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Padangsidimpuan dari marketing mix yaitu harga yang relatif lebih murah dibanding kompetitor lainya dan metode promosi personal selling. Walaupun strategi harga dan promosi yang paling diandalkan namun ke tujuh strategi tersebut harus saling mendukung agar strategi pemasaran produk pembiayaan cicil emas pada PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Padangsidimpuan yang ada semakin baik dan nasabah pembiayaan cicil emas semakin meningkat secara signifikan dan terus mencapai target yang memuaskan setiap tahunnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Strategi Pemasaran; Pembiayaan; Cicil Emas |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics 14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140303 Economic Models and Forecasting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Mr. Muhammad Nuddin |
Date Deposited: | 29 Jun 2020 03:12 |
Last Modified: | 29 Jun 2020 03:12 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2791 |
Actions (login required)
View Item |