Sari, Rahmita (2019) Strategi pemasaran produk gadai syariah dalam upaya menarikmenarik minat nasabah pada unit Pegadaian Syariah Madina. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1540100185.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah bertambahnya jumlah nasabah tiap tahun belum tentu tapad mencapai target jumlah nasabah yang ditargetkan dyap dat aaia , adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan unit pegadian syariah madina dalam menarik minat nasabah untuk mencapai target jumlah nasabahnya. Tujuan penelitian, untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan unit pegadaian syariah dalam menarik minat nasabah untuk mencapai target jumlah nasabahnya. Kajian teori ini terkait Pegadaian Syariah, pengertian Pegadaian Syariah, lahirnya Pegadaian Syariah, landasan konsep syariah, rukun gadai syariah, syarat gadai syariah, persamaan dan perbedaan gadai syariah dengan gadai konvensional. Strategi pemasaran pengertian pemasaran, pengertian strategi pemasaran, jenis-jenis/ tipe pasar, proses pemasaran, konsep pemasaran, tujuan dan fungsi strategi pemasaran, strategi pemasaran dalam menarik minat nasabah, bauran pemasaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat desriptif, sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah wawancara dengan karyawan dan nasabah Unit Pegadaian Syariah Madina,observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran produk gadai syariah yang dilakukan dengan menggunakan bauran pemasaran melalui 7P, yang pertama product, namun produk yang dipakai nasabah hanya produk rahn, Arrum BPKB. Kedua place, yaitu membuka Pegadaian Syariah terletak di dekat pasar baru Panyabungan ruangan ditata rapi agar nasabah tidak mudah bosan. Ketiga promotion dengan cara personal selling, sehingga perlu ditambah melalui periklanan dan publisitas. Keempat price, memberikan diskon apabila tidak mencapai batas maksimum persentase pinjaman sebesar 90% dari taksiran barang jaminan. Kelima, people, sumber daya manusia masih minim tentang pegadaian syariah sehingga pegawai pegadaian syariah masih mengambil dari pegadaian konvensional. Keenam, process, proses yang mudah nasabah cukup membawa kartu identitas KTP dan membawa barang jaminan sudah dapat melakukan transaksi rahn. Ketujuh, physical evidence, keadaan kantor cukup nyaman untuk menyimpan kendaraan kapasitas ruangan penyimpanannya masih kurang. Jadi strategi pemasaran yang dilakukan masih kurang menarik sehingga belum berhasil untuk mencapai target nasabah tiap tahunnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Strategi Pemasaran; Produk Gadai Syariah; Minat Nasabah |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140213 Public Economics- Public Choice |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Mr. Muhammad Nuddin |
Date Deposited: | 25 Jun 2020 04:33 |
Last Modified: | 16 Jul 2020 12:19 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2696 |
Actions (login required)
View Item |