Nasution, Nursakinah (2019) Pengaruh promosi dan bagi hasil terhadap keputusan nasabah menggunakan tabungan mudharabah di PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Kc Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1540100026.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk KC Padangsidimpuan. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah menurunnya jumlah nasabah tabungan mudharabah tiap tahunnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh promosi dan bagi hasil terhadap keputusan nasabah menggunakan tabungan mudharabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh promosi dan bagi hasil secara partial maupun secara bersama-sama (simultan) terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Tabungan Mudharabah di PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk KC Padangsidimpuan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang perbankan syariah. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan promosi, bagi hasil terhadap keputusan nasabah menggunakan tabungan mudharabah serta dalil Al-Qur’an yang berkaitan dengan teori. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah 411 nasabah pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk KC Padangsidimpuan. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik incidental sebanyak 62 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner sebanyak 15 item pertanyaan yg dinilai dengan skala likert dan diuji validitas dan realibilitasnya. Uji prasyarat meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi dan uji heteroskedastisitas. Uji analisis regresi linear berganda, dan uji hipotesis dengan menggunakan bantuan software SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi berpengaruh secara parsial terhadap keputusan nasabah menggunakan tabungan mudharabah dengan nilai thitung > ttabel (4,219 > 2,00100) atau nilai sig < 0,05 (0,000 < 0,05). Bagi hasil berpengaruh secara parsial terhadap keputusan nasabah menggunakan tabungan mudharabah dengan nilai thitung > ttabel (4,664 > 2,00100) atau nilai sig < 0,05 (0,000 < 0,05). Variabel promosi dan bagi hasil berpengaruh secara simultan terhadap keputusan nasabah menggunakan tabungan mudharabah, dengan nilai fhitung > ftabel (50,856 > 3,15) atau nilai sig < 0,05 (0,000 < 0,05). Nilai R square sebesar 0,633 artinya promosi dan bagi hasil mampu menjelaskan keputusan nasabah sebesar 63,3 % sedangkan 36,7 % sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Promosi; Bagi Hasil; Keputusan |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140303 Economic Models and Forecasting 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149901 Comparative Economic Systems |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Mr. Muhammad Nuddin |
Date Deposited: | 25 Jun 2020 03:15 |
Last Modified: | 16 Jul 2020 12:22 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2682 |
Actions (login required)
View Item |