Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran berbasis kontekstual pada materi sedekah, hibah dan hadiah di kelas VIII MTsN 4 Tapanuli Selatan

Ansari, Riski (2019) Pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran berbasis kontekstual pada materi sedekah, hibah dan hadiah di kelas VIII MTsN 4 Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
15 201 00154.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa terhadap materi Sedekah, Hibah dan Hadiah. Selain itu, guru belum memberikan aktivitas yang dapat mendukung siswa dalam memahami materi Sedekah, Hibah dan Hadiah. Disebabkan kurangnya model dalam pembelajaran, Sehingga perlu dilakukan perubahan dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas dengan memanfaatkan aktivitas pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual yang berkaitan dengan kehidupan nyata siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana Pengembangan Pembelajaran berbasis kontekstual pada materi sedekah, hibah dan hadiah dan bagaimana validitas dan praktikalitas perangkat pembelajaran di MTsN 4 Tapanuli Selatan lokasi Sinyior. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas dan praktikalitas perangkat Pembelajaran pada materi sedekah, hibah dan hadiah di MTsN 4 Tapanuli Selatan lokasi Sinyior. Manfaat penelitian ini sebagai masukan atau sumbangan terhadap perancangan rencana pelakanaan pembelajaran Fikih, khususnya materi sedekah, hibah dan hadiah. Jenis penelitian ini adalah jenis R&D dengan menerapkan model ADDIE (analysis, design, development, implementation and evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di MTsN 4 Tapanuli Selatan dengan subyek ujicoba produk di kelas VIII berjumlah 28 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi RPP, angket dan LAS serta menggunakan teknik analisis validitas dan praktikalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual dinyatakan valid dengan nilai 95 2) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual dinyatakan praktis dengan nilai 84. Dengan demikian pengembangan RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran) berbasis kontekstual pada materi sedekah, hibah dan hadiah, memenuhi aspek validitas dan praktikalitas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: learning implementation plan (RPP); contextual based learning; alms; grants; gifts
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 24 Jun 2020 03:18
Last Modified: 24 Jun 2020 03:18
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2625

Actions (login required)

View Item View Item