Simamora, Sari Depi (2019) Pengaruh produk dan pelayanan terhadap keputusan menjadi nasabah di Bank Syariah sekota Padangsidimpuan (studi kasus masyarakat kecamatan Padangsidimpuan Utara). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
15 401 00166.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Lembaga keuangan bank yang berlandaskan syariah sudah lama ada di Indonesia, tetapi perkembangannya masih sangat minim. Pemasaran bank syariah belum bisa menandingi persaingan pasar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah mengenai keputusan masyarakat menjadi nasabah di bank syariah. Dimana, bank syariah sudah memiliki produk yang beragam, sesuai dengan kebutuhan dan halal. Tetapi belum membuat masyarakat tertarik untuk menjadi nasabah di bank syariah. Pelayanan yang sudah maksimal, ramah dan sesuai dengan syariat Islam juga sudah diberikan oleh bank syariah tapi, belum juga menarik minat masyarakat menjadi nasabah di bank syariah. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah produk dan pelayanan berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap keputusan menjadi nasabah di bank syariah sekota Padangsidimpuan (studi kasus masyarakat kecamatan Padangsidimpuan Utara)? Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh produk dan pelayanan secara parsial dan simultan terhadap keputusan menjadi nasabah di bank syariah sekota Padangsidimpuan (studi kasus masyarakat kecamatan Padangsidimpuan Utara). Kegunaan penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat dalam memperluas wawasan dan menambah pengetahuan bagi peneliti sendiri, pihak FEBI IAIN Padangsidimpuan dan penelitian selanjutnya. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu perilaku konsumen. Sehubungan dengan itu, pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan keputusan menjadi nasabah, produk, dan pelayanan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 69 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, angket (kuesioner) dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji asumsi klasik, uji t dan uji F, dan uji statistik deskriptif dengan menggunakan alat bantu SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh produk terhadap keputusan menjadi nasabah di bank syariah sekota Padangsidimpuan dengan nilai thitung > ttabel (2,793 > 1,669). Ada pengaruh pelayanan terhadap keputusan menjadi nasabah di bank syariah sekota Padangsidimpuan dengan nilai thitung > ttabel (2,904 > 1,669). Ada pengaruh produk dan pelayanan secara simultan (bersama-sama) terhadap keputusan menjadi nasabah di bank syariah sekota Padangsidimpuan dengan nilai Fhitung > Ftabel (6,689 > 2,38)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Keputusan menjadi nasabah; Pelayanan; Produk |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 23 Jun 2020 08:34 |
Last Modified: | 23 Jun 2020 08:34 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2575 |
Actions (login required)
View Item |