Siregar, Prima Auliansyah (2019) Determinan layanan mobile banking : perspektif mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1540100204.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Berdasarkan pengamatan peneliti di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam menunjukkan bahwa mahasiswa banyak menggunakan aplikasi mobile banking yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Maka dalam penelitian ini digunakan jasa aliansi, kefamiliaran tugas, dan kemampuaksesan sebagai variabel independen dan persepsi manfaat sebagai variabel dependen dengan tujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari ketiga variabel tersebut terhadap persepsi manfaat layanan mobile banking. Penelitian ini didukung oleh teori para ahli yang mengatakan jasa aliansi merupakan tingkatan jasa antarorganisasi yang ditawarkan kepada para nasabah melalui kerja sama (aliansi) di antara jasa-jasa pelayanan yang disediakan oleh berbagai organisasi situs internet. Sementara kefamiliaran tugas menggambarkan suatu tingkatan nonvariabelitas dan kepastian aktivitas yang diperlukan para pengguna untuk menyelesaikan tugas dan aktivitas bila menggunakan teknologi. Kemampuaksesan didefinisikan semakin mudah suatu informasi diakses, semakin sedikit usaha yang diperlukan untuk menggunakan sistem tersebut. Sementara manfaat didefinisikan sebagai sejauh mana seseorang menggunakan suatu teknologi akan meningkatkan kinerja pekerjaannya. Penelitian ini menggunakan model Technology Acceptance Model (TAM) untuk meneliti sikap pengguna teknologi. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Penetuan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan metode convinuence sampling dan berdasarkan perhitungan rumus slovin ditentukan jumlah sampel 97 orang. Teknik pengumpulan data meliputi uji validitas, uji reliabilitas, analisis data, uji asumsi klasik (uji multikolinearitas, uji autokorelasi, uji heteroskedastisitas), koefisien determinasi serta regresi linier berganda, uji t, uji F menggunakan SPSS 22. Hasil uji t menunjukkan bahwa secara parsial tidak ada pengaruh jasa aliansi terhadap persepsi manfaat layanan mobile banking pada mahasiswa FEBI IAIN Padangsidimpuan. Ada pengaruh kefamiliaran tugas terhadap persepsi manfaat layanan mobile banking pada mahasiswa FEBI IAIN Padangsidimpuan. Ada pengaruh kemampuaksesan terhadap persepsi manfaat layanan mobile banking pada mahasiswa FEBI IAIN Padangsidimpuan. Sementara secara simultan jasa aliansi, kefamiliaran tugas, dan kemampuaksesan berpengaruh terhadap persepsi manfaat layanan mobile banking pada mahasiswa FEBI IAIN
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Abdul Nasser Hasibuan S.E., M.Si dan H. Ali Hardana, S.Pd., M.Si |
Keywords: | Mobile Banking; Technology Acceptance Model (TAM) |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Mr. Muhammad Ihsan Ritonga |
Date Deposited: | 19 Jun 2020 03:27 |
Last Modified: | 20 Sep 2021 01:59 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2372 |
Actions (login required)
View Item |