Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh reliabilitas karyawan terhadap kepuasan nasabah di PT. Pegadaian (Persero) Unit Syariah Sadabuan

Daulay, Mahraini Saputri (2018) Pengaruh reliabilitas karyawan terhadap kepuasan nasabah di PT. Pegadaian (Persero) Unit Syariah Sadabuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 401 00189.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Setiap organisasi bertujuan untuk maju dan berkembang dimasa yang akan datang. Untuk mencapai hal tersebut maka setiap organisasi, baik yang bersifat nirlaba maupun profit oriented, harus mampu merebut simpati konsumennya serta menjaga loyalitas mereka. Salah satu strategi yang dapat digunakan dalam situasi persaingan ini adalah dengan menjaga dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Untuk menciptakan kepuasan pelanggan maka salah satu yang harus diperhatiakan adalah pelayanan memiliki kehandalan (reliabilitas) dalam melayani pelanggan. PT. Pegadaian (Persero) Unit Syariah Sadabuan adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa keuangan yang berada di kota padangsidimpuan. Sebagai perusahaan jasa yang bergerak dalam bidang keuangan tentunya perusahaan menghadapi persaingan yang ketat dengan lembaga keuangan yang lain dalam merebut pangsa pasar. Oleh karena itu faktor reliabilitas karyawan dalam melayani untuk menciptakan kepuasan nasabah menjadi sangat penting untuk diperhatikan. Nasabah yang puas diharapkan akan loyal, mampu mengajak orang lain menjadi nasabah baru, dan tidak mudah terpengaruh oleh promosi lembaga pesaing. Oleh karena itu perlu diteliti sejauh mana faktor reliabilitas karyawan PT. Pegadaian (Persero) Unit Syariah Sadabuan memengaruhi kepuasan nasabahnya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang kepuasan nasabah dan teori Reliabilitas. Secara umum penelitian ini banyak bersinggungan dengan teori-teori dalam ilmu manajemen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis uji regresi linear sederhana, signifikasi parsial (uji-t).Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan sampel 98 nasabah dengan teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling. Pengolahan data dilakukan dengan SPSS versi 22. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan peneliti, terdapat pengaruh antara variabel bebas terhadap variabel terikat. Hal tersebut diperoleh dari uji koefisien determinasi (R2) dengan nilai R square sebesar 0,230 artinya 23,0% pengaruh yang signifikan variabel terikat dipengaruhi oleh variabel bebas, sedangkan sisanya 77,0% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti, terdapat pengaruh antara Reliabilitas terhadap Kepuasan Nasabah. Hal tersebut diperoleh dari uji koefisien uji parsial (uji-t) diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa thitung > ttabel (5,362 > 1,660). Maka disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan reliabilitas atau Ha diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Reliabilitas karyawan; kepuasan nasabah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150305 Human Resources Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 11 Jun 2020 08:22
Last Modified: 11 Jun 2020 08:22
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2220

Actions (login required)

View Item View Item