Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah menggunakan produk rahn di PT. Pegadaian (Persero) Syariah UPS Sibuhuan.

Yeyen, Silvina (2016) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah menggunakan produk rahn di PT. Pegadaian (Persero) Syariah UPS Sibuhuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 220 0041.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Nasabah PT. Pegadaian (Persero) Syariah UPS Sibuhuan setiap tahunnya mengalami fluktuasi. Pada tahun 2011 nasabah PT. Pegadaian (Persero) Syariah UPS Sibuhuan berjumlah 300 nasabah, ditahun 2012 mengalami kenaikan 100% menjadi 620 nasabah, ditahun 2013 menurun 0,2% menjadi 600 nasabah dan ditahun 2014 bertambah 10% menjadi 700 nasabah dan pada tahun 2015 menjadi sebesar 800 nasabah dengan kenaikan 10%. Adapun yang menjadi faktor yang mempengaruhi adalah ujroh dan pelayanan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ujroh dan pelayanan berpengaruh terhadap minat nasabah menggunakan produk rahn. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ujroh dan pelayanan terhadap minat nasabah menggunakan produk rahn. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori minat, ujroh dan pelayanan. Teori tersebut menjelaskan bahwa apabila ujroh menurun maka minat nasabah akan meningkat, begitu sebaliknya. Teori pelayanan menjelaskan bahwa semakin meningkat kualitas pelayanan maka akan meningkat juga minat nasabah. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda, dan instrumen pengumpulan data menggunakan angket dengan sampel 50 nasabah. Pengolahan data dilakukan pada SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh ujroh terhadap minat nasabah menggunakan produk rahn dengan nilai thitung sebesar 3,003 > ttabel 2,008. Dan variabel pelayanan tidak terdapat pengaruh terhadap minat nasabah menggunakan produk rahn dengan nilai thitung sebesar -2,359 < ttabel 2,008. Sementara secara simultan ujroh dan pelayanan berpengaruh terhadap minat nasabah menggunakan produk rahn dengan nilai sebesar7,656 > Ftabel 3,20. Berdasarkan uji koefisien determinasi faktor ujroh dan pelayanan mampu mempengaruhi minat nasabah 24,6% sedangkan sisanya sebesar 75,4% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: H. Fatahuddin Aziz Siregar, M.Ag dan Aliman Syahuri Zein MEI
Keywords: Ujroh; Pelayanan dan Minat Nasabah.
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 15 May 2020 02:30
Last Modified: 16 Aug 2021 02:36
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1481

Actions (login required)

View Item View Item