Dari, Lita Wulan (2016) Pengaruh proses pembiayaan KPR IB muamalat terhadap kepuasan nasabah pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk cabang Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
12 220 0110.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Dalam rangka membangun kepuasan nasabah, Proses pembiayaan merupakan salah satu faktor kunci keberhasilan bank sebagai perusahaan jasa dan tidak dapat dipungkiri dalam dunia bisnis saat ini.Produk pembiayaan KPR IB Muamalat merupakan produk pembiayaan konsumen yang sudah lama ada di PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan. Seharusnya PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan memiliki lebih banyak nasabah pengguna produk pembiayaan KPR IB Muamalat. Namun fenomena yang terjadi jumlah nasabah pembiayaan KPR IB Muamalat tidak mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini dikarenakan kurangnya pemahaman dan ketidaktahuan masyarakat terhadap produk pembiayaan KPR IB Muamalat. Oleh karena itu, untuk meningkatkan jumlah nasabah pembiayaan KPR IB Muamalat ini, maka salah satu strategi yang dilakukan adalah dengan memberikan kualitas pembiayaan yang dapat memuaskan nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pembiayaan KPR IB Muamalat dan seberapa besar pengaruhnya terhadap kepuasan nasabah di PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan. Penelitianinimerupakanpenelitiankuantitatif.Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan dilakukan dengan menggunakan instrumen pengumpulan data yaitu angket, dengan jumlah sampel 32 nasabah yang di ambil dari populasi 212 nasabah. Alat analisis yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, uji, normalitas, uji linearitas, analisis regresi linear sederhana, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, uji hipotesis (t). Dengan menggunakan program bantuan SPPS Versi 22.0, diperoleh hasil pengukuran regresi dengan persamaanY = 0,225 + 0,950X. Sedangkan, R squere(R2)sebesar0,430.Hal ini berarti 43,0% variabel kualitas pembiayaan KPR IB Muamalat mampu menerangkan variabel kepuasan nasabah di PT. Bank Muamlat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan. Sedangkansisanyasebesar 57,0% dipengaruhiolehvariabel lain yang tidakdimasukkandalampenelitianini. Hasil pengujian secara statistik (uji t) menunjukkan nilai thitung> ttabelyaitu 4,760>2,042. Dengan artian bahwa kualitas pembiayaan KPR IB Muamalat memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan nasabah pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Proses Pembiayaan KPR IB Muamalat; Kepuasan Nasabah |
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
Date Deposited: | 14 May 2020 05:41 |
Last Modified: | 02 Jun 2020 08:12 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1450 |
Actions (login required)
View Item |