Amaliah, Mulyani (2018) Pengaruh pengetahuan santri, religiusitas dan lokasi Perbankan Syariah terhadap minat memilih produk Bank Syariah (studi kasus Pondok Pesantren Darul Ikhlash Dalan Lidang Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
14 401 00149.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Sebagai basis pendidikan Islam, pondok pesantren berpotensi besar dalam pertumbuhan perbankan syariah di Indonesia khususnya di Panyabungan. Namun potensi tersebut belum diperhatikan secara maksimal oleh praktisi perbankan syariah. Hal ini dapat diindikasikan dengan masih minimnya masyarakat pesantren yang menjadi nasabah bank syariah. Dari hasil observasi awal peneliti pada Pondok Pesantren Darul Ikhlas, di ketahui masih banyak santri yang menggunakan bank konvensional sebagai sarana transaksi. Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni apakah terdapat pengaruh pengetahuan, religiusitas dan lokasi perbankan syariah terhadap minat memilih produk bank syariah?. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur berapa besar pengaruh pengetahuan, religiusitas dan lokasi perbankan syariah terhadap minat memilih produk bank syariah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang Minat, teori tentang Pengetahuan, Religiusitas, dan Lokasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, menggunakan analisis data dengan menggunakan regresi linier berganda. Diolah menggunakan perhitungan statistic SPSS 23,0. Alat Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validatas, uji reliabilitas, analisis deskriptif, uji normalitas, uji asumsi klasik yaitu uji multikolinearitas, uji heteroskedostisitas, uji koefisien determinasi (R2), dan uji hipotesi yaitu uji t dan uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial pengetahuan berpengaruh signifikan terhadap minat memilih produk bank syariah dengan nilai thitung > ttabel (2,216>2,012), religiusitas tidak berpengaruh terhadap minat memilih produk bank syariah dengan nilai thitung < ttabel (0,372 < 2,012), lokasi berpengaruh signifikan terhadap minat memilih produk bank syariah dengan nilai thitung > ttabel (2,168>2,012). Berdasarkan hasil uji secara simultan bahwa pengetahuan, religiusitas, dan lokasi secara bersama-sama berpengaruh terhadap minat memilih produk bank syariah. Hal ini dibuktikan dengan Fhitung > Ftabel (24,737 > 2,81). Berdasarkan hasil uji R2 dapat diketahui bahwa 59,2% variabel pengetahuan, religiusitas, dan lokasi mampu mempengaruhi minat memilih produk bank syariah. Sedangkan sisanya 40,8% dipengaruhi oleh variabel lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Ikhwanuddin Harahap, M.Ag dan Fadli, M.Sy |
Keywords: | Pengetahuan; Religiusitas; Lokasi; Minat |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 02 Apr 2020 04:01 |
Last Modified: | 09 Jul 2020 02:41 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/137 |
Actions (login required)
View Item |