Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah menabung pada PT. Bank Sumut Cabang Syariah Sibolga

Pasaribu, Yuli Novia (2018) Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah menabung pada PT. Bank Sumut Cabang Syariah Sibolga. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 220 0176.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang masalah dalam penelitian ini adalah Pada tahun 2014 dan tahun 2017 tingkat pertumbuhan nasabah tabungan Wadi‘ah mengalami penurunan. Keadaan tersebut tidak sejalan dengan teori. Dimana, teori yang menyatakan bahwa pelayanan, promosi dan nilai syariah berpengaruh pada keputusan nasabah, hal ini tercermin pada jumlah nasabah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pelayanan, promosi, dan nilai syariah berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap Keputusan Nasabah Menabung pada PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Sibolga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pelayanan, promosi, dan nilai syariah terhadap Keputusan Nasabah Menabung pada PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Sibolga. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori yang berkaitan dengan pelayanan, promosi, nilai syariah, keputusan nasabah. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan data primer. Teknik pengumpulan data menggunakan (kuesioner) dengan sampel sebanyak 93 nasabah dengan teknik pengambilan sampel adalah stratified random sampling dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan metode analisis regresi linear berganda. Data diolah dengan menggunakan program komputer SPSS versi 22. Hasil dari penelitian secara parsial pelayanan berpengaruh terhadap Keputusan Nasabah karena thitung< ttabel (1,813 < 1,662), promosi berpengaruh terhadap Keputusan Nasabah karena karena thitung > ttabel (2,325 > 1,662), dan nilai syariah juga berpengaruh terhadap Keputusan Nasabah karena thitung > ttabel (2,321 > 1,662). Secara simultan pelayanan, promosi dan nilai syariah berpengaruh terhadap Keputusan Nasabah karena Fhitung> Ftabel (36,893 > 2,15). Adapun Adjusted R Square sebesar 0,539 atau 53,9 persen. Hal ini menunjukkan bahwa persentase sumbangan pengaruh variabel pelayanan, promosi, dan nilai syariah terhadap Keputusan Nasabah sebesar 53,9 persen, atau dengan kata lain variasi variabel independen yang digunakan dalam model pelayanan, promosi, dan nilai syariah mampu menjelaskan sebesar 53,9 persen variasi variabel dependen Keputusan Nasabah Sedangkan sisanya sebesar 46,1 persen dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini, yaitu: produk bank, fasilitas bank, keamanan bank dan citra bank.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pelayanan; promosi; nilai syariah; keputusan nasabah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 11 May 2020 02:19
Last Modified: 11 May 2020 02:19
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1335

Actions (login required)

View Item View Item