Siregar, Nira Khodijah (2025) Pengaruh metode pembayaran QRIS dan tunai terhadap minat pelanggan Cafe Sada Warkop Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
|
Text
2140100007.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh fenomena perkembangan teknologi sistem pembayaran digital di Indonesia, khususnya penggunaan QRIS yang semakin meningkat. Namun demikian, di Cafe Sada Warkop Kota Padangsidimpuan, penggunaan metode pembayaran QRIS masih belum sepenuhnya diminati pelanggan, yang lebih cenderung menggunakan metode pembayaran tunai. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah metode pembayaran QRIS dan tunai berpengaruh terhadap minat pelanggan Cafe Sada Warkop Kota Padangsidimpuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan survei. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran Angket (Kuesioner) kepada pelanggan Cafe Sada Warkop sebanyak 96 responden yang dipilih menggunakan teknik accidental sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode Partial Least Square (PLS) berbantuan aplikasi SmartPLS versi 4 untuk menguji hubungan antara variabel independen (metode pembayaran QRIS dan tunai) terhadap variabel dependen (minat pelanggan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembayaran QRIS berpengaruh positif terhadap minat pelanggan Cafe Sada Warkop. QRIS dinilai memudahkan transaksi karena kepraktisan, kecepatan, keamanan, dan manfaat yang dirasakan pelanggan dalam proses pembayaran.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Supervisors: | Dr. Rosnani Siregar, M.Ag dan H. Ali Hardana, M.Si |
| Keywords: | Metode pembayaran; QRIS; Tunai; Minat pelanggan; Cafe Sada Warkop; Kota Padangsidimpuan |
| Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1504 Commercial Services > 150401 Food and Hospitality Services 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
| Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 08:52 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 08:52 |
| URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/13040 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
