Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis kinerja keuangan dan e-Banking terhadap market share Perbankan Syariah di Indonesia

Siregar, Fuji Lestari (2025) Analisis kinerja keuangan dan e-Banking terhadap market share Perbankan Syariah di Indonesia. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2040100106.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Bank syariah di indonesia masih mengalami keterbatasan dana untuk peningkatan market share (pangsa pasar) terhadap masyarakat. Menghadapi perdagangan global yang semakin terbuka dana kurangnya periklanan yang membutuhkan market share yang besar sehingga perbankan syariah mempunyai daya asing. Tujuan penelitian ini adalah Untuk menganalisis pengaruh ROA (Return On Asset) terhadap market share perbankan syariah Indonesia, untuk menganalisis pengaruh BOPO (Biaya Operasional Pendapatan Operasional) terhadap market share perbankan syariah Indonesia, untuk menganalisis pengaruh NPF (Non Peforming Finance) terhadap market share perbankan syariah Indonesia, dan untuk menganalisis pengaruh E-Banking terhadap market share perbankan syariah indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis komparatif. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini adalah dengan Internet Research. Data pada penelitian ini adalah Bank Umum Syariah yang mempublikasikan laporan keuangan pada tahun 2020-2024 secara statistik menggunakan pengujian hipotesis dengan uji t dan koefisien detrminasi yang sebelumnya data telah diuji menggunakan uji asumsi klasik. Pengolahan data menggunakan program SPSS 26. Hasil Penelitian ini adalah ROA (Return On Assets) memiliki pengaruh terhadap Market Share Perbankan Syariah Indonesia. Hasil ini menunjukkan bahwa jika semakin banyak ROA (Return On Assets) yang diberikan, maka Market Share Perbankan Syariah Indonesia akan semakin tinggi. NPF (Non Performning Financing) memiliki pengaruh terhadap Market Share Perbankan Syariah Indonesia. Hasil ini menunjukkan bahwa jika NPF (Non Performning Financing) semakin kecil yang diberikan, maka Market Share Perbankan Syariah Indonesia akan menurun untuk tingkat resikonya. BOPO (Biaya Operasional Pendapatan Operasional) memiliki pengaruh terhadap Market Share Perbankan Syariah Indonesia. Hasil ini menunjukkan bahwa jika BOPO (Biaya Operasional Pendapatan Operasional) memiliki nilai yang rendah, maka Perbankan Syariah Indonesia akan efisien bank dalam mengelola sumber dayanya. E – Banking (Electronik Banking) memiliki pengaruh terhadap Market Share Perbankan Syariah Indonesia. Hasil ini menunjukkan bahwa jika semakin banyak E – Banking (Electronik Banking) yang diberikan, maka Market Share Perbankan Syariah Indonesia akan semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Abdul Nasser Hasibuan, S.E., M.Si. dan Rizal Ma'ruf Amidy Siregar, М.М
Keywords: Analisis kinerja keuangan; e-Banking; Market share Perbankan Syariah di Indonesia
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150103 Financial Accounting
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs. Mutia Handayani, S.IP
Date Deposited: 11 Dec 2025 08:57
Last Modified: 11 Dec 2025 08:57
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12989

Actions (login required)

View Item View Item