Rambe, Rafiah Aminah (2025) Pengaruh kualitas pelayanan dan kemudahan bertransaksi terhadap kepuasan nasabah pengguna BSI Mobile. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
|
Text
2140100140.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Masyarakat Langga Payung, penggunaan BSI Mobile terus meningkat seiring dengan pertumbuhan pengguna layanan berbasis syariah dan kebutuhan masyarakat akan akses layanan perbankan yang cepat dan efisien. Namun, meskipun aplikasi ini menawarkan banyak keunggulan, terdapat berbagai keluhan dari nasabah terkait penggunaannya.Dalam jangka panjang, ketidakpuasan nasabah yang terus-menerus akan berdampak pada penurunan loyalitas, yang dapat mengakibatkan berkurangnya jumlah nasabah dan menurunnya pendapatan perusahaan. Kepuasan nasabah merupakan indikator penting bagi keberhasilan suatu layanan perbankan, khususnya dalam memastikan loyalitas dan keberlanjutan penggunaan aplikasi digital. Kualitas pelayanan dan kemudahan bertransaksi merupakan faktor penting dalam menentukan kepuasan nasabah pada layanan perbankan digital seperti BSI Mobile, masalah kinerja aplikasi yang lambat serta keterbatasan fitur transaksi sering menjadi keluhan nasabah dan berdampak pada Tingkat kepuasan mereka dalam menggunakan BSI Mobile. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan kemudahan bertransaksi secara parsial dan simultan terhadap kepuasan nasabah pengguna BSI Mobile. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, pengambilan sampel pada penelitia ini menggunakan tekhnik non-probability sampling dengan jenis purposive sampling. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan juga data sekunder, Tekhnik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner dan dokumentasi dengan jumlah sampel sebanyak 98 responden. Tekhnik pengolahan data dilakukan dengan bantuan alat analisis IBM SPSS versi 26 dengan uji instrumen yang terdiri dari uji validitas dan reliabilitas, serta teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji normalitas,uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji regresi linear berganda, uji koefisien determinasi, uji parsial, dan uji simultan. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan BSI Mobile berpengaruh terhadap kepuasan nasabah di Langgapayung, kemudahan bertransaksi pengguna BSI Mobile berpengaruh terhadap kepuasan nasabah di Langgapayung, kualitas pelayanan dan kemudahan bertransaksi berpengaruh secara Bersama-sama terhadap kepuasan nasabah pengguna BSI Mobile di Langgapayung.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Supervisors: | Hamni Fadlilah Nasution, M.Pd. dan Rizki Pratiwi, M.M |
| Keywords: | Pengaruh kualitas pelayanan; Kemudahan bertransaksi; Kepuasan nasabah pengguna BSI Mobile |
| Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150313 Quality Management 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
| Depositing User: | Mrs. Mutia Handayani, S.IP |
| Date Deposited: | 01 Dec 2025 03:06 |
| Last Modified: | 01 Dec 2025 03:06 |
| URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12894 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
