Nugraha, Rizky (2025) Pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap keputusan nasabah memilih tabungan haji dengan promosi sebagai variabel moderating. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
|
Text
2140100053.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Menunaikan ibadah haji merupakan sebuah dambaan bagi setiap umat Islam di seluruh dunia, tidak terkecuali di Indonesia terkhusunya di kota Padangsidimpuan. Tidak semua masyarakat mampu untuk melaksanakan ibadah haji. Selain perlunya kesehatan jasmani dan rohani, finansial juga menjadi faktor krusial agar terlaksananya ibadah haji. Oleh karena itu, salah satu cara masyarakat untuk dapat menunaikan ibadah haji ini yaitu dengan cara mengikuti program tabungan haji yang disediakan oleh bank syariah, salah satunya PT. Bank SUMUT Cabang syariah dengan produk Tabungan Haji Smart IB Makbul. Berdasarkan data yang diperoleh, bahwa jumlah nasabah tabungan haji Smart IB Makbul pada PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Padangsidimpuan mengalami fluktuasi pada lima tahun terakhir (2019-2023). Berdasarkan ini PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Padangsidimpuan telah melakukan dan memberikan kualitas pelayanan, fasilitas, dan promosi yang cukup baik demi meningkatkan jumlah nasabah tabungan haji Smart IB Makbul, namun faktanya bahwa jumlah nasabah tabungan haji masih belum sesuai harapan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan nasabah memilih tabungan haji Smart IB Makbul pada PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan sampel 96 responden dengan teknik purposive sampling. Pengolahan data dilakukan dengan SmartPLS Versi 3. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji model pengukuran (outer model) yang meliputi uji Convergent Validity, Discriminant Validity, Construct Reliability dan AVE. Lalu dengan ujji model struktural (inner model) yang meliputi uji R-Square (R2) & Q-Square, uji koefisien jalur (Path Coefficients), dan uji Moderated Structural Equation Modeling (MSEM). Hasil penelitian ini menunjukkan tidak terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan nasabah memilih tabungan haji Smart IB Makbul pada PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Padangsidimpuan. Terdapat pengaruh fasilitas terhadap keputusan nasabah memilih tabungan haji Smart IB Makbul pada PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Padangsidimpuan. Terdapat pengaruh promosi terhadap keputusan nasabah memilih tabungan haji Smart IB Makbul pada PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Padangsidimpuan. Tidak terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan nasabah memilih tabungan haji Smart IB Makbul pada PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Padangsidimpuan dengan promosi sebagai variabel moderating. Tidak terdapat pengaruh fasilitas terhadap keputusan nasabah memilih tabungan haji Smart IB Makbul Pada PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Padangsidimpuan dengan promosi sebagai variabel moderating.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Supervisors: | Delima Sari Lubis, M.A dan Arti Damisa, M.E.I |
| Keywords: | Fasilitas; Keputusan nasabah; Kualitas pelayanan; Promosi |
| Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
| Depositing User: | Mr. Muhammad Ihsan Ritonga |
| Date Deposited: | 21 Nov 2025 03:08 |
| Last Modified: | 21 Nov 2025 03:08 |
| URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12850 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
