Ritonga, Urba Wananda (2025) Pengaruh media sosial dan brand image terhadap minat generasi Z menggunakan produk perbankan syariah. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
|
Text
2140100135.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi informasi yang pesat dan semakin majunya penggunaan media sosial telah mengubah pola perilaku dan preferensi konsumen, terutama di kalangan Generasi Z. Generasi Z ini dikenal aktif dan mampu mengambil manfaat dari media sosial sebagai sarana komunikasi, promosi dan edukasi. Dalam konteks industri perbankan syariah, media sosial berfungsi sebagai alat penting dalam membangun brand image (citra merek) namun Berdasarkan hasi observasi awal kepada 50 mahasiswa/i aktif prodi Perbankan Syariah UIN Syahada Padangsidimpuan, ditemukan hanya 15 mahasiswa/i yang menggunakan Mobile banking sedangkan sebanyak 35 mahasiswa/i yang belum menggunakan layanan Mobile banking syariah. Untuk meningkatkan minat Generasi Z untuk menggunakan produk-produk perbankan berbasis prinsip syariah. Citra merek yang positif, terpercaya, dan sesuai nilai-nilai syariah mampu membangun persepsi kepercayaan dan memberikan rasa aman bagi Generasi Z dalam memilih layanan perbankan syariah. Jenis penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media sosial dan Brand Image secara parsial maupun simultan terhadap minat Generasi Z dalam menggunakan produk perbankan syariah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan tekhnik Stratified Random Sampling. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Tekhnik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi dengan jumlah sampel sebanyak 72 responden. Tehknik pengolahan data dilakukan dengan bantuan IBM SPSS versi 23 dengan uji instrument yang terdiri dari uji validitas reliabilitas, serta tekhnik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji normlitas uji, multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji regresi linear berganda, uji koefisien determinasi, uji parsial, uji simultan, dan uji dengan. Hasil menunjukkan bahwa baik media sosial maupun citra merek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat Generasi Z dalam menggunakan produk perbankan syariah. Secara bersama-sama, kedua variabel ini memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan minat Generasi Z terhadap layanan perbankan syariah, dengan nilai signifikansi
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Supervisors: | Windari,S.E,MA dan Lismawati Hasibuan,M.Si |
| Keywords: | Media Sosial; Brand Image; Generasi Z; Produk; Perbankan Syariah |
| Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
| Depositing User: | Mr. Ahmad Kamal Siregar |
| Date Deposited: | 21 Nov 2025 03:06 |
| Last Modified: | 21 Nov 2025 03:06 |
| URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12847 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
