Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh kualitas pelayanan, promosi dan kepercayaan terhadap keputusan nasabah melakukan pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Wahyuni, Rina (2025) Pengaruh kualitas pelayanan, promosi dan kepercayaan terhadap keputusan nasabah melakukan pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2040100161.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Kredit Usaha Rakyat (KUR) merupakan salah satu program pembiayaan yang disediakan oleh pemerintah untuk mendukung permodalan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Namun, hasil observasi menunjukkan bahwa masih terdapat kendala dalam pelaksanaannya, seperti kurangnya pemahaman masyarakat terhadap produk KUR, promosi yang belum optimal, serta tingkat kepercayaan yang rendah terhadap lembaga perbankan syariah. Akibatnya, sebagian pelaku usaha lebih memilih lembaga non-bank, seperti rentenir atau koperasi, meskipun dengan biaya yang lebih tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, promosi, dan kepercayaan terhadap keputusan nasabah dalam melakukan pembiayaan KUR pada Bank Syariah Indonesia (BSI) Kantor Cabang Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei terhadap 71 responden nasabah pembiayaan KUR, yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara, dokumentasi, lalu dianalisis menggunakan metode Structural Equation Modeling–Partial Least Square (SEM-PLS). Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode PLS-SEM dengan beberapa teknik analisis, yaitu outer model, validitas konvergen, validitas diskriminan, uji reliabilitas, inner model, R-Square, F-Square, serta uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah dalam melakukan pembiayaan KUR, sedangkan promosi tidak memberikan pengaruh yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan dan kepercayaan merupakan faktor kunci dalam membangun keputusan nasabah untuk memilih pembiayaan KUR melalui lembaga keuangan syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Budi Gautama Siregar, M.M dan Samsuddin Muhammad, M.Si
Keywords: Kualitas pelayanan; Promosi; Kepercayaan; Keputusan; Nasabah; Pembiayaan; Kredit Usaha Rakyat (KUR)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 20 Oct 2025 07:52
Last Modified: 20 Oct 2025 07:52
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12653

Actions (login required)

View Item View Item