Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh sistem ta’awun, service excellent dan profesionalitas terhadap citra Bank Syariah Indonesia KC Sibolga

Hasanah, Ummi (2025) Pengaruh sistem ta’awun, service excellent dan profesionalitas terhadap citra Bank Syariah Indonesia KC Sibolga. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
SKRIPSI UMMI HASANAH pdf - Ummi Hasanah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Citra Bank Syariah dapat dipahami sebagai persepsi positif atau negatif yang terbentuk di kalangan nasabah dan masyarakat mengenai kesesuaian operasional bank dengan prinsip-prinsip syariah (seperti keadilan, larangan riba, transparansi), sekaligus mencerminkan profesionalisme, teknologi, pelayanan dan inovasi yang ditawarkan bank. Namun, masih terdapat beberapa tanggapan atau persepsi yang kurang baik oleh masyarakat dan nasabah terhadap citra Bank Syariah Indonesia KC Sibolga yang disebabkan oleh beberapa faktor tertentu. Teori yang dibahas dalam penelitian ini mengenai citra Bank Syariah Indonesia KC Sibolga dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhinya. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan data primer. Pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket/kuesioner dengan skala ordinal. Metode analisis data yang dilakukan adalah Uji Instrumen dan Teknik Analisis Data dengan bantuan alat analisis data IBM SPSS versi 25. Hasil uji t menunjukkan bahwa secara parsial sistem ta’awun tidak berpengaruh signifikan terhadap citra Bank Syariah Indonesia KC Sibolga. Secara parsial service excellent dan profesionalitas berpengaruh signifikan terhadap citra Bank Syariah Indonesia KC Sibolga. Hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan sistem ta’awun, service excellent dan profesionalitas berpengaruh terhadap citra Bank Syariah Indonesia KC Sibolga. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi (R2) bahwa pengaruh sistem ta’awun, service excellent dan profesionalitas terhadap citra Bank Syariah Indonesia KC Sibolga sebesar 43,7% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Budi Gautama Siregar, S.Pd., M.M. dan Muhammad Wandisyah R Hutagalung M.E.
Keywords: Sistem Ta’awun; Service Excellent; Profesionalitas; Bank Syariah Indonesia KC Sibolga
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012722 al-Takaful (Islamic Insurance)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms. Diva Rahmadani Damanik
Date Deposited: 11 Aug 2025 05:08
Last Modified: 11 Aug 2025 05:08
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12502

Actions (login required)

View Item View Item