Siregar, Widia Putriana (2025) Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen reza bakery Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
WIDIA PUTRIANA SIREGAR (06 MEI) - Widiaputriana Siregar.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Peningkatan jumlah toko roti di Padangsidimpuan menimbulkan persaingan yang kuat. Pihak manajemen Reza Bakery berusaha untuk memenuhi semua kriteria yang menjadi bahan pertimbangan konsumen, baik itu kualitas produk dan harga sehingga dapat memberikan kepuasan bagi konsumennya. Memuaskan kebutuhan konsumen adalah keinginan setiap perusahaan. Selain faktor penting bagi kelangsungan hidup perusahaan, memuaskan kebutuhan konsumen dapat meningkatkan keunggulan dalam persaingan. Konsumen akan merasa puas bila hasil evaluasi mereka menunjukkan bahwa produk yang mereka gunakan berkualitas selain produk yang mereka gunakan juga familiar ditelinga mereka, sehingga banyak konsumen yang membelinya. Beberapa tanggapan konsumen menunjukkan kualitas produk dan harga yang diberikan oleh Reza Bakery Padangsidimpuan dianggap masih kurang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer. Data diperoleh melalui penyebaran angket kepada 97 responden. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastitas), uji regresi linear berganda uji hipotesis yaitu uji parsial (uji t), uji simultan (uji F) dan uji koefisien determinasi adjusted (R2). Berdasarkan hasil yang dilakukan peneliti menggunakan SPSS versi 27 menunjukkan bahwa secara parsial (uji t) harga berpengaruh terhadap kepuasan konsumen Reza Bakery Padangsidimpuan. Secara parsial kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan konsumen Reza Bakery Padangsidimpuan. Secara simultan harga dan kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan konsumen Reza Bakery Padangsidimpuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga dan kualitas produk mempengaruhi variabel kepuasan konsumen Reza Bakery Padangsidimpuan sebesar 40,1% dan sisanya 59,9% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Muhammad Isa, S.T., MM. dan Idris Saleh, M. E. |
Keywords: | Pengaruh harga; Kualitas produk; Kepuasan konsumen |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150313 Quality Management 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 08:01 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 08:01 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12371 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |