Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Persepsi masyarakat Desa Bara Kecamatan Portibi terhadap produk dan layanan bank syariah

Siregar, Siti Chairunnisa (2024) Persepsi masyarakat Desa Bara Kecamatan Portibi terhadap produk dan layanan bank syariah. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2040100114.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Masyarakat Desa Bara Kecamatan Portibi seluruhnya sudah beragama Islam. Hal ini harusnya dapat dijadikan peluang besar bagi perkembangan syariah akan tetapi tidak semudah yang dibayangkan karena masyarkat Desa Bara Kecamatan Portibi belum beralih dari nasabah Bank Konvensional ke nasabah Bank Syariah. Masyarakat bara belum memahami dengan baik mengenai prinsip-prinsip keuangan syariah. Mereka menganggap bahwa bank konvensial dan bank syari’ah sama saja. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi masyarakat Desa Bara Kecamatan Portibi terhadap Produk dan Layanan Bank Syariah?. Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui persepsi masyarakat Desa Bara Kecamatan Portibi terhadap produk dan layanan Bank Syariah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian ini adalah nasabah Bank Syariah Desa Bara dan Non-nasabah Potensial yang berjumlah 15 responden. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi Masyarakat Desa Bara terhadap Produk Bank Syariah masih kurang baik dan bagus. Hal ini dikarenakan beberapa faktor diantaranya adalah kurangnya pelayanan, sosialisasi, dan promosi kepada masyarakat, sehingga persepsi masyarakat masih kurang dalam mengenal produk-produk perbankan syariah. Masyarakat Desa Bara Kecamatan Portibi Kabupaten Padang Lawas Utara masih menganggap bahwa bank Syariah sama saja dengan bank Konvensional, baik dari segi pelayanan, produk, dan terutama pada suku bunga yang diberikan kepada nasabah. Sedangkan persepsi Masyarakat Desa Bara terhadap Layanan Bank Syariah untuk kebersihan dan kenyamanan ruangannya sudah cukup baik, ruangannya juga lebih islami, dan parkirannya luas, namun dalam hal ruangannya ada yang menyatakan ruangannya kurang luas. Akan tetapi ada yang menyatakan bahwa dalam pelayanan masih terdapat kekurangan seperti kursi ruang tunggunya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa persepsi masyarakat terhadap produk bank syari’ah masih kurang dan perlu adanya sosialisasi terkait informasi produk bank syari’ah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Azwar Hamid,M.A dan Damri Batubara,M.A
Keywords: Persepsi masyarakat; Desa Bara Kecamatan Portibi; Produk; Bank syariah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs. Mutia Handayani
Date Deposited: 12 Jul 2025 02:56
Last Modified: 12 Jul 2025 02:56
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12367

Actions (login required)

View Item View Item