Hasibuan, Nurdiati (2024) Pengembangan LKPD IPA berbasis outdoor learning pada materi struktur dan fungsi bagian tumbuhan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IV SD Negeri 101790 Labuhan Jurung. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020500199.pdf Download (5MB) |
Abstract
Latar belakang peneliti ini adalah rendahnya minat belajar siswa terutama pada mata materi struktur dan fungsi bagian tumbuhan sehingga siswa kurang paham dengan struktur dan fungsi bagian tumbuhan. Hal ini disebabkan karena guru kurang menggunakan media dalam proses pembelajaran. Peneliti mengembangkan LKPD yang dapat menarik perhatian siswa, membuat siswa senang dalam belajar, dan dapat meningkatkan minat siswa untuk belajar dengan menggunakan LKPD berbasis outdoor learning. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana tingkat validitas, praktikalitas dan efektivitas pengembangan LKPD dalam meningkatkan minat belajar siswa di SD Negeri 101790 Labuhan Jurung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas, praktikalitas, dan efektivitas dari LKPD yang dikembangkan. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, angket respon siswa dan guru serta angket minat siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian R&D (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan sudah divalidasi oleh validator dari 3 ahli yaitu ahli materi diperoleh hasil persentase sebesar 86%, 96%, dari ahli desain diperoleh hasil persentase sebesar 98%, 92%, dan dari ahli bahasa diperoleh hasil persentase 78,8%, 87% maka total keseluruhan hasil persentase sebesar 91% dengan kategori sangat valid. Hasil respon guru dan siswa terhadap LKPD berbasis outdoor learning yang dikembangkan dinyatakan praktis melalui lembar angket respon guru dan siswa diperoleh hasil persentase 93% untuk respon guru dan 85% untuk respon siswa. Hasil minat belajar siswa terhadap LKPD berbasis outdoor learning yang dikembangkan dinyatakan efektif melalui lembar angket minat siswa dengan beberapa aspek yaitu aspek perasaan senang 79%, perhatian siswa 77%, ketertarikan siswa 90%, dari keterlibatan siswa 78%, dan skor penilaian dari keseluruhan aspek sebesar 81% yang kategorinya sangat efektif
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Mariam Nasution, M.Pd dan Nur Azizah Putri Hasibuan, M.Pd |
Keywords: | Pengembangan bahan ajar;LKPD IPA berbasis outdoor learning; Minat belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr. Rita Fitri Tinambunan |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 03:21 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 03:21 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12314 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |