Munthe, Afriani Juwita (2025) Pengembangan media pembelajaran audio visual berbasis canva terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi sistem pernapasan manusia di MTS. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsdimpuan.
![]() |
Text
2020800008 - Copy - Afriani Juwita Munthe.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemahaman siswa pada materi sistem pernapasan manusia tergolong masih rendah. Hal ini disebabkan kurangnya penggunaan media yang tepat dalam proses pembelajaran sehingga siswa merasa jenuh, mengantuk dan tidak menyukai mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) karena pembelajarannya dominan membahas tentang teori, sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar. Untuk mengatasi masalah tersebut maka dikembangkan media pembelajaran yang menarik serta dapat merangsang ide, imajinasi siswa yaitu berupa media pembelajaran audio visual berbasis canva materi sistem pernapasan manusia. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana rancangan dan praktikalitas media pembelajaran audio visual berbasis canva untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa materi Sistem pernapasan manusia di MTs ZF Hikmatul Ikhwan Sukaramai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancangan penggunaan media pembelajaran, kepraktikalitasan dan keefektifan media pembelajaran Audio visual berbasis canva materi Sistem Pernapasan Manusia di MTs ZF Hikmatul Ihwan Sukaramai. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research & Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini telah dilaksanakan di MTs ZF Hikmatul Ikhwan Sukaramai dengan subjek uji coba produk dikelas VIII berjumlah 26 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, angket serta menggunakan teknik analisis validitas, praktikalitas dan evektifitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan sudah divalidasi oleh validator dari 3 ahli yaitu ahli materi sebesar 84% (sangat valid), ahli media sebesar 92% (sangat valid), dan ahli bahasa sebesar 90% (sangat valid). Kemudian hasil respon siswa terhadap media pembelajaran audio visual berbasis canva yang dikembangkan telah dinyatakan sangat praktis melalui lembar angket respon siswa secara keseluruhan sebesar 82%. Media audio visual berbasis Canva efektif dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Dibuktikan dengan peningkatan ketuntasan kemampuan kognitif dari 25% pada nilai pretest menjadi 83% pada nilai posttest. Artinya adanya peningkatan yang signifikan antara hasil belajar sebelum menggunakan media pembelajaran audio visual berbasis canva dengan hasil belajar sesudah menggunakan media pembelajaran audio visual berbasis canva. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media audio visual berbasis canva dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada materi sistem pernapasan manusia
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Lelya Hilda, M.Si dan Wilda Rizkiyahnur Nasution, M.Pd |
Keywords: | Pengembangan media pembelajaran; Audio visual; Sistem pernapasan manusia, Kemampuan kognitif; Siswa |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Mr. Rita Fitri Tinambunan |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 02:59 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 02:59 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12281 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |