Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Determinan keputusan pembelian mie instan samyang pada masyarakat Perumnas Pijorkoling

Jannah, Miftahul (2024) Determinan keputusan pembelian mie instan samyang pada masyarakat Perumnas Pijorkoling. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2040200148.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Peningkatan kesadaran masyarakat terhadap aspek keamanan dan kualitas produk makanan menjadi salah satu faktor utama dalam pengambilan keputusan pembelian. Di perumnas pijorkoling, di mana mayoritas penduduknya adalah Muslim, label halal menjadi penting sebagai indikator kehalalan suatu produk. Mie instan Samyang, yang berasal dari Korea Selatan, menjadi populer di kalangan konsumen remaja perumnas pijorkoling, namun isu kehalalan produk ini sering kali menjadi perhatian utama. Harga merupakan faktor krusial dalam keputusan pembelian. Dengan banyaknya merek mie instan yang tersedia, konsumen cenderung membandingkan harga untuk mendapatkan nilai terbaik. Oleh karena itu, strategi penetapan harga yang tepat dapat menarik minat beli konsumen. Promosi berfungsi untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan konsumen tentang produk. Promosi yang efektif dapat memengaruhi keputusan pembelian konsumen pada produk mie instan Samyang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Label halal, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mie Samyang Pada Masyarakat Perumnas Pijorkoling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Structural Equation Model (SEM) dan alternatif Partial Least Square (PLS). Populasi penelitian adalah remaja masyarakat Perumnas pijorkoling. Sampel pada penelitian ini sebanyak 98 orang dengan menggunakan rumus slovin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Label halal memiliki nilai signifikan 0,000 > 0,05 artinya berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian mie Samyang pada masyarakkat perumnas pijorkoling (2) Harga memiliki nilai signifikan 0,000 > 0,05 artinya berpengaruh terhadap keputusan pembelian mie Samyang pada remaja masyarakkat perumnas pijorkoling (3) Promosi memiliki nilai signifikan 0,456 < 0,05 artinya tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian mie Samyang pada remaja masyarakkat perumnas pijorkoling. Pengaruh yang diberikan label halal, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian sebesar 58,7% sedangkan sisanya 41,3% dipengaruhi oleh variabel lain. Implikasi penelitian ini adalah meningkatkan kesadaran konsumen tentang pentingnya memilih produk yang lebih baik kualitasnya dan aman untuk dikonsumsi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nofinawati, S.E.I., M.A dan Ananda Anugrah Nasution, M.Si
Keywords: Determinan; Keputusan; Pembelian; Mie instan; samyang; Masyarakat; Perumnas Pijorkoling
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150314 Small Business Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mrs. Mutia Handayani
Date Deposited: 13 Jun 2025 14:05
Last Modified: 13 Jun 2025 14:05
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12211

Actions (login required)

View Item View Item