Warohmah, Warohmah (2024) Pengaruh etika bisnis islam dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Toko Skincare Asrin Siregar. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2040200047.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Toko skincare asrin siregar adalah salah satu toko terbesar dan terlaris di Panyabungan. Banyak pelanggan yang datang berbelanja baik secara individu maupun grosis, namun dalam pelayanan karyawan terhadap pelanggan masih kurang memuaskan. Dalam hal ini pelanggan merasa kurang ketertiban dalam melayani pelanggan. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh etika bisnis islam dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada toko skincare asrin siregar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan instrumen yang digunakan adalah angket yang terdiri dari 30 butir pertanyaan dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonprobability Sampling yaitu teknik pengambilan sampel yang tidak memberi peluang atau kesempatan sama bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan rumus Lemeshow. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikoleniaritas, uji analisis regresi berganda, uji R2, uji t dan uji f. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa etika bisnis berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai thitung sebesar 98> ttabel = 0,1966 dan nilai signifikasi yang dihasilkan sebesar 0,1966 < 0,05. Kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai thitung sebesar 98 > ttabel dan nilai signifikasi yang dihasilkan sebesar 0,1966 < 0,05. Dengan demikian maka kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada toko skincare asrin siregas. Dari hasil perhitungan yang dilakukan secara simultan Fhitung 45,377 > Ftabel dengan nilai signifikasi yang dihasilkan sebesar 0,000 < 0,05 artinya secara simultan variabel etika bisnis islam dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Toko skincare asrin siregar menyediakan produk yang halal, bpom, tempat belanja yang nyaman, namun dalam proses pengemasan serta cepat tanggap pelayanan terkadang tidak tepat dan cepat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Rosnani Siregar, M.Ag dan Ananda Anugrah Nasution, M.Si |
Keywords: | Etika bisnis islam; Kualitas pelayanan; Kepuasan pelanggan; Toko Skincare Asrin Siregar |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms. Diva Rahmadani Damanik |
Date Deposited: | 16 May 2025 07:39 |
Last Modified: | 16 May 2025 10:06 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12109 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |