Agustin, Sartika (2024) Analisis penerapan pendidikan karakter dalam pem belajaran PPKN untuk membentuk sikap kebangsaan siswa kelas III di SDN 115534 Janji Lobi Labuhan Batu. Undergraduate thesis, UIN Syahada Padangsidimpuan.
![]() |
Text
SARTIKA AGUSTIN.docxpdf - Sartika Agustin.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter siswa melalui pembelajaran PPKn kelas III. Untuk mengetahui sikap kebangsaan siswa melalai pembelajaran PPKn. Untuk mengetahui penerapan pendidikan karakter falam membentuk sikap kebangsaan melalui pembelajaran PPKn kelas III di SDN 115534 Janji Lobi Labuhanbatu. Pendidikan karakter adalah segala sesuatu yang dilakukan guru, yang mampu mempengaruhi karakter peserta didik. Guru membantu membentuk watak peserta didik. darinya. Akan tetapi persoalan tersebut berkaitan dengan ada atau tidak adanya kemauan dari para penyelenggara pendidikan untuk melakukan perubahan dengan menciptakan penyelenggaraan pendidikan yang berkarakter. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh moralitas maupun karakter bangsa yang saat ini telah runtuh. Hal ini disebabkan karena sumber dari musibah dan bencana yang telah melontarkan moralitas bangsa ini adalah terabaikannya pendidikan karakter. Sehingga perlu diterapkan pendidikan karakter melalui pemnelajaran PPKn yang penting dalam diri para siswa sedini mungkin dan secara berkelanjutan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 115534 Janji Lobi Labuhanbatu. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif. Adapun sumber data terdiri dari data primer yaitu seluruh guru dan data sekunder yang didapatkan dari siswa kelas III. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan pendidikan karakter dalam PPKn kelas III berfokus pada pembentukan sikap kebangsaan. Guru menggunakan berbagai metode seperti cerita inspiratif, kegiatan praktik, dan lomba kebangsaan untuk menanamkan nilai cinta tanah air, persatuan, dan kebhinnekaan. Sikap kebangsaan siswa ditanamkan melalui berbagai karakter penting, termasuk religiusitas, kejujuran, toleransi sosial, disiplin, dan cinta tanah air. Pendidikan ini mengaitkan nilai-nilai dengan aktivitas sehari-hari di sekolah, mengajarkan siswa untuk menyatakan keyakinan, menghargai perbedaan, mematuhi aturan, dan mencintai tanah air serta budaya. Selain itu, siswa menunjukkan pemahaman yang baik tentang kepedulian lingkungan melalui partisipasi aktif dalam kegiatan seperti pembersihan sekolah dan daur ulang. Dari hasil penelitian diketahui di SDN Negeri 115534 Janji Lobi, guru-guru berperan sebagai teladan dan fasilitator dalam mengintegrasikan nilai- nilai karakter seperti kejujuran, disiplin, dan tanggung jawab dalam pelajaran sehari-hari. Mereka menyelenggarakan kegiatan seperti upacara bendera dan diskusi kebangsaan, serta menggunakan metode sesuai usia seperti cerita dan dongeng. Pendekatan ini telah memberikan dampak positif yang signifikan pada sikap kebangsaan siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Prof. Dr. Drs. H. Syafnan, M.Pd dan Hamidah, M.Pd |
Keywords: | Penerapan pendidikan karakter; PPKN; sikap kebangsaan siswa; di SDN 115534 Janji Lobi Labuhan Batu |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160809 Sociology of Education 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 08 May 2025 06:59 |
Last Modified: | 08 May 2025 06:59 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12061 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |