Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh kinerja pengawas dan pembinaan seksi pendidikan madrasah terhadap kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Madrasah Tsanawiyah di Kantor Kementerian Agama Kota Padangsidimpuan

Pulungan, Zulhifzi (2024) Pengaruh kinerja pengawas dan pembinaan seksi pendidikan madrasah terhadap kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Madrasah Tsanawiyah di Kantor Kementerian Agama Kota Padangsidimpuan. Masters thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2050100005.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Permasalah dalam penelitian adalah banyaknya faktor yang mempengaruhi kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam yaitu etos kerja, kualifikasi pendidikan, pengalaman mengajar, beban mengajar, kesejahteraan, status kepegawaian, dan sarana prasarana sekolah, dari beberapa faktor tersebut yang menjadi pemasalahan dalam sebuah pendidikan adalah Kinerja Pengawas dan pembinaan Seksi Pendidikan Madrasah. Dari kedua faktor banyak terjadi permasalahan pada peningkatan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam seperti kurangnya guru dalam memanfaatkan teknologi pembelajaran, kelengkapan komponen pembelajaran yang belum terlengkapi, dan lain-lain. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan menggunakan desain kausal komparatif dan metode penelitian Ex Post Facto, pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh Guru Pendidikan Agama Islam yang berjumlah 147 orang. Sampel penelitian berjumlah 37 orang. Hasil penelitian diperoleh terdapat pengaruh hipotesis 1 diterima dengan hasil yang diperoleh mean = 109.51, median = 112.00, modus = 106, SD= 19.628. Selanjutnya, rx1y = 0,813, KD = R2 x 100% = 0,662 x 100%= 66,2% dan Ŷ = α + bX1 (Ŷ= 25,473 + 0,872X1). Sehingga dapat diketahui bahwa Fhitung = 68,458 dan Ftabel = 4,12, maka Ho ditolak dan Ha diterima dengan nilai signifikansi 0.000 > 0,05. Hipotesis 2 diterima dengan hasil yang diperoleh hasil mean = 115.62, median = 115.00, modus = 103 SD= 20.817. kemudian nilai rx2y= 0,797, KD = R2 x 100% = 0,635 x 100%= 63,5%. Selanjutnya Ŷ = α + bX2 (Ŷ = 27,866 + 0,805X2), nilai Fhitung = 60,812 dan Ftabel= 4,12. Maka Ho ditolak dan Ha diterima dengan nilai signifikansi 0,000 > 0,05. Hipotesis 3 diterima diperoleh hasil penelitian bahwa nilai Rx1.x2.y= 0,823, KD = R2 x 100% = 0,677 x 100%= 67,7% dan Ŷ = a + bX1 + bX2 (Ŷ = 22,710 + 0,562X1 + 0,317X2). Adapun nilai sig F sebesar 5%. Perhitungan di atas menjelaskan Fhitung = 35,591, sedangkan Ftabel = df (n1) = K-1, df (n2) yaitu Ftabel = 3,28, jika Fhitung (35,591) > Ftabel (3,28). Maka, Ha diterima Ho ditolak. Hipotesis 4 diterima diperoleh bahwa thitung 33,939 dan ttabel 1.688 dengan demikian thitung > ttabel. Taraf signifikansi yang diperoleh adalah 5%. Maka Ho ditolak dan Ha diterima. Selanjutnya, hipotesis ke 5 juga diterima dengan nilai thitung 33,795 dan ttabel 1,688 dengan demikian thitung > ttabel, dengan taraf signifikansi yang diperoleh adalah 5%. Maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisors: Dr. Magdalena, M.Ag dan Dr. Zulhammi, M.Ag., M.Pd
Keywords: Kinerja; Pengawas; Pembinaan; Madrasah tsanawiyah; Kompetensi guru; Pendidikan Agama Islam; Kota Padangsidimpuan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 02 May 2025 04:01
Last Modified: 02 May 2025 04:01
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11987

Actions (login required)

View Item View Item