Daulay, Nurfadilah (2024) Penggunaan model problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Sorik Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020500201.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS di kelas IV SD Muhammadiyah Sorik Kabupaten Tapanuli Selatan yang terlihat dari banyaknya jumlah siswa yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Muhammadiyah Sorik Kabupaten Tapanuli Selatan melalui dengan model pembelajaran Model Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah dengan mencari nilai rata-rata kelas (mean) dan teknik persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Model Problem Based Learning pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar IPS kelas IV SD Muhammadiyah Sorik Kabupaten Tapanuli Selatan. Pada tes awal jumlah siswa yang tuntas ada sebanyak 5 orang siswa dengan persentase ketuntasan 31% dengan nilai rata-rata kelas 56. Pada siklus I pertemuan I hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 69,6 dan jumlah yang tuntas sebanyak 7 siswa dengan persentase ketuntasan 44%. Pada siklus I pertemuan II peningkatan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 71,5 jumlah siswa yang tuntas sebanyak 9 dengan persentase ketuntasan belajar 56%. Selanjutnya pada siklus II pertemuan I hasil belajar meningkat dengan nilai rata-rata 75 dengan jumlah siswa yang tuntas ada 11 siswa dengan persentase ketuntasa 69%. Pada siklus II pertemuan II hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata menjadi 80,5 dan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 13 siswa dengan persentase ketuntasan 81%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Hj. Hamidah, M.Pd dan Nashran Azizan, M.Pd |
Keywords: | Problem based learning (PBL); Hasil belajar; IPS; Siswa; SD Muhammadiyah Sorik; Kabupaten Tapanuli Selatan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mrs. Mutia Handayani |
Date Deposited: | 25 Apr 2025 07:09 |
Last Modified: | 29 Apr 2025 08:22 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11984 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |