Mawaddah, Yulia (2024) Penggunaan media bahan alam untuk meningkatkan kreativitas siswa materi teknik cetak timbul Siswa Kelas II MIS Al-Munawwarah Kabupaten Labuhanbatu. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020500124.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Berdasarkan hasil obesrvasi di Mis Al Munawwarah peneliti menemukan berberapa masalah dalam aspek kerativitas peserta didik, dikarenakan masih jarang menggunakan bahan alam untuk menciptakan seni rupa sehingga menjadi faktor rendahnya kreativitas siswa dalam menciptakan sebuah karya seni rupa pada pembelajaran SBdP. Pemanfaatan bahan alam dapat dijadikan pembelajaran bagi guru kepada peserta didik sebagai pendorong kreativitas siswa didalam pembelajaran yang efektif dan efisien.Penggunaan bahan alam dalam penelitian ini untuk meningkatkan kreativitas peserta didik dengan memanfaatkan bahan alam untuk menciptakan karya seni rupa di kelas II Mis Al Munawwarah Kabupaten Labuhanbatu.Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah ada peningkatan kreativitas peserta didik dengan memanfaatkan bahan alam untuk menciptakan karya seni rupa dikelas II Mis Al Munawwarah Kabupaten Labuhanbatu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kreativitas peserta didik dengan memanfaatkan bahan alam untuk menciptakan karya seni rupa pada mata pelajaran SBdP. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan memanfaatkan bahan alam berupaya untuk meningkatkan kreativitas siswa pada mata pelajaran SBdP. Sesuai dengan jenis penelitian ini, maka penelitian ini memiliki tahap-tahap penelitianyang berupa siklus. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelasII Mis Al Munawwarah, yang terdiri dari 14 siswa laki-lakidan14 siswaperempuan.Berdasarkanhasilpenelitian adanyapeningkatan pada siklus I, anak yang memperoleh katagori Baik menjadi 15 anak atau 50%. Namun terdapat 8 anak atau 28% masih mendapat katagori Cukup, dan 5 anak atau 22% masih mendapat katagori kurang. Oleh karna itu, perlu diadakan perbaikan dengan tindakan pada siklus II. Pada siklus II anak yang mendapat katagori Baik meningkat mencapai 80% atau 20 anak, katagori Cukup menjadi 8 anak atau 20%, dan katagori kurang menjadi 0 atau 0%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Nursyaidah, M.Pd dan Asriana Harahap, M.Pd |
Keywords: | Kreativitas; Peserta didik; Bahan alam; Karya seni rupa |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 11 Apr 2025 05:22 |
Last Modified: | 15 Apr 2025 01:40 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11886 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |