Andrini, Suci (2024) Pengaruh promosi dan lokasi terhadap keputusan pedagang menggunakan produk bank syariah. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2040100133.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Pedagang tidak terlepas dari sistem bertransaksi ataupun simpanan pendapatan pedagang tersebut. Pedagang di Kelurahan Timbangan Kota Padangsidimpuan masih banyak yang tidak menggunakan produk bank syariah, padahal seluruh pedagangnya adalah beragama Islam dan jarak antara salah satu bank syariah sangat dekat dengan Kelurahan Timbangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah promosi dan lokasi berpengaruh secara persial dan simultan terhadap keputusan pedagang menggunakan produk bank syariah. Teori penelitian ini mencakup tentang hubungan promosi dan lokasi terhadap keputusan menggunakan produk bank syariah. Promosi yang dilakukan oleh bank syariah tentu akan membuat pelanggan meningkatkan keputusannya untuk menjadi nasabah di bank syariah. Lokasi menjadi faktor yang menunjang pengambilan keputusan, letak bank syariah yang strategis akan memiliki nasabah dengan jumlah yang tinggi, karena kemudahan akses yang didapatkan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 33 responden dengan teknik pengambilan sampling jenuh. Analisis penelitian menggunakan statistik yaitu SPSS versi 23. Hasil penelitian secara persial (uji t) menunjukkan bahwa terdapat pengaruh promosi terhadap keputusan pedagang kelurahan timbangan menggunakan produk bank syariah, tidak terdapat pengaruh lokasi terhadap keputusan pedagang menggunakan produk bank syariah dan terdapat pengaruh promosi dan lokasi secara simultan terhadap keputusan pedagang Kelurahan Timbangan menggunakan produk bank syariah. Berdasarkan hasil uji determinasi bahwa 21,5% variabel promosi dan lokasi mampu menjelaskan keputusan pedagang menggunakan produk bank syariah dan sisanya 78,5% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Hamni Fadlilah Nasution, M.Pd dan Adanan Murroh Nasution, M.A |
Keywords: | Promosi; Lokasi; Keputusan pedagang; Produk; Bank syariah |
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 11 Apr 2025 04:52 |
Last Modified: | 14 Apr 2025 08:36 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11864 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |