Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengembangan media komik dalam pembelajaran IPA menggunakan Aplikasi Canva di Kelas V SDN 100210 T.N. Siopat–opat Kecamatan Angkola Selatan

Rasydin, Ahmad (2024) Pengembangan media komik dalam pembelajaran IPA menggunakan Aplikasi Canva di Kelas V SDN 100210 T.N. Siopat–opat Kecamatan Angkola Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020500260.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (9MB)

Abstract

Pembelajaran IPA merupakan suatu mata pelajaran yang dapat membuat peserta didik menjadi bosan. Bahkan pembelajaran yang berlangsung di kelas diberikan dengan cara pemberian materi (model ceramah) dan penugasan (drill). Penelitian ini mengembangkan media komik yang dilaksanakan di SDN 100210 T.N. Siopat-Opat Kecamatan Angkola Selatan yang memperoleh suatu produk berupa media komik pembelajaran yang layak, praktis, dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media komik pembelajaran pembelajaran IPA dengan lebih kreatif dan inovatif dalam penggunaannya, sehingga media pembelajaran komik IPA ini akan menjadi suatu produk terbaru khususnya pada mata pelajaran IPA. Dengan menggunakan media komik pembelajaran IPA ini diharapkan peserta didik mampu memahami materi dengan mudah dan memotivasi belajar dan membaca peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa komik pembelajaran IPA, mengetahui kelayakan media, mengetahui respon penggunaan peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Research and Develompment atau pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang dikembangkan oleh Dick and Carry 1996, yang memiliki 5 tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui angket validasi media, angket respon guru serta angket respon peserta didik. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kuantitatif yaitu static deskriptif. Hasil validasi media yang dilakukan yaitu 86,11% dengan kategori sangat layak, hasil validasi materi yang telah dilakukan yaitu 87,5% dengan kategori sangat layak dan hasil validasi bahasa yang telah dilakukan yaitu 89,59% dengan kategori sangat layak. Sedangkan hasil respon guru yaitu 95% dengan kategori sangat layak, respon peserta didik dalam skala kecil yaitu 74,4% dengan kategori layak dan respon peserta didik dalam skala besar yaitu 70,34% dengan kategori layak. Media pembelajaran komik dengan menggunakan aplikasi canva di kelas V SDN 100210 T.N Siopat-opat untuk mengembangkan media pembelajaran IPA berupa komik, mengetahui kelayakan media pembelajaran komik dan mengetahui respon penggunaan peserta didik efektif, sangat layak dan praktis sehingga dapat digunakan pada pembelajaran IPA

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Syafrilianto, M.Pd dan Yenni Khairani Lubis, M.Sc
Keywords: Media komik; pembelajaran IPA; Canva;SDN 100210 T.N. Siopat–opat; Kecamatan Angkola Selatan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 11 Apr 2025 04:50
Last Modified: 14 Apr 2025 08:27
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11862

Actions (login required)

View Item View Item