Hasibuan, Ramisyah (2024) Keterampilan guru dalam proses pembelajaran pada pembelajaran tematik di MIN 1 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020500113.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Keterampilan dasar mengajar merupakan syarat mutlak agar guru bisa mengimplementasikan berbagai strategi pembelajaran. Guru sangat mempengaruhi keberhasilan pembelajaran di setiap jenjang sekolah, dan dituntut untuk lebih kreatif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Pelaksanaan sistem pembelajaran MIN 1 Padangsidimpuan yang ditemukan peniliti adalah belum optimal. Masih ada guru yang belum memenuhi kriteria dalam pendidikan pembelajaran tematik pada kelas tinggi. Hal ini berpengaruh pada proses pembelajaran yang menyebabkan hasil belajar kurang optimal. Maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan guru dalam proses pembelajaran pada pembelajaran Tematik dan ntuk mengetahui pandangan siswa terhadap proses peembelajaran Tematik di MIN 1 Padangsidimpuan. Istilah pembelajaran tematik pada dasarnya adalah model pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada siswa. Penelitian ini dilaksanankan di MIN 1 Padangsidmpuan. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif model fenomenologi. Sumber data dalam penelitian ini ada sumber data primer yaitu hasil wawancara dan pengamatan langsung terhadap guru tematik kelas V dan sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah hasil wawancara siswa kelas V di MIN 1 Pdangsidimpuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini emnggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data dalam penelitian ini yaitu Editing data, Reduksi data, Deskripsi data, Concluding, dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan diantara delapan keterampilan dasar mengajar yang diterapkan oleh guru di MIN 1 Padangsidimpuan, sebagian besar tergolong baik. Pada keterampilan membuka pelajaran guru sudah melaksanakan kegiatan presensi, apsepsi dan memotivasi siswa. Pada keterampilan menjelaskan guru sudah menggunakan Bahasa yang sederhana dari yang termudah ke yang sulit. Pada keterampilan bertanya Guru sudah mengajukan pertanyaan sesuai materi yang telah diajarkan. Guru telah melakukan keterampilan memberi penguatan dengan verbal dan non-verbal. Pada keterampilan mengelola kelas guru tanggap dalam menghadapi kerusuhan di kelas. Pada keterampilan menutup pelajaran guru memberikan kesimpulan , sehingga siswa mendapatkan gambaran utuh tentang materi yang telah dipelajari . Dalam pelajaran siswa sepakat bahwa guru telah melakukan usaha secara maksimal. Siswa mempersepsikan usaha guru menciptakan prakondisi atau usaha dilakukan dengan baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Prof. Dr. Drs. H. Syafnan, M.Pd dan Maulana Arafat Lubis, M.Pd |
Keywords: | Keterampilan; Guru; Pembelajaran; Tematik |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 06 Mar 2025 03:49 |
Last Modified: | 06 Mar 2025 03:49 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11654 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |