Adelina, Sinta (2024) Implementasi kompetensi sosial guru pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Sitinjak Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020100292.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Kompetensi sosial sangat penting dan merupakan kompetensi guru yang berhubungan langsung dengan masyarakat atau lingkungan sekitar sehingga guru harus memahami situasi dan kondisi masyarakat sekitar, guru yang memiliki kompetensi sosial akan mudah diterima oleh masyarakat. uru juga termasuk makhluk sosial karena guru juga manusia. Guru tidak hanya dituntut mampu memberikan pengajaran dengan mentransfer ilmu pengetahuannya kepada peserta didiknya. Sebagai seorang guru diharuskan mampu memiliki kompetensi sosial yaitu salah satu dari empat kompetensi yang wajib dimiliki oleh seorang guru. Dengan adanya interaksi yang tercipta antara guru dengan siswa dapat memudahkan guru dalam memahami karakter siswa sehingga terjalin hubungan yang baik dan harmonis. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti di SMP Negeri Sitinjak Kecamatan Angkola Barat memiliki kompetensi yang baik dengan masyarakat yang berada di dalam maupun diluar lingkungan sekolah seperti siswa, kepala sekolah, sesama guru, orangtua siswa dan karyawan sekolah. Dari hasil wawancara yang telah diperoleh terdapat hubungan serta komunikasi yang baik antara guru PAI dengan masyarakat sekolah maupun diluar sekolah. Guru PAI menerapkan kompetensi sosialnya dengan menjalankan tugas sebagai guru yaitu mengajar dikelas, membangun hubungan dengan kepala sekolah, sesma guru, orangtua siswa serta karyawan sekolah. Upaya yang dilakukan oleh guru PAI dalam meningkatkan kemapuan kompetensi sosial sosialnya dengan mengikuti rapat di sekolah, melakukan pendekatan dengan siswa, orangtua siswa, dan memahami karakter sesama guru. Guru PAI SMP Negeri Sitinjak kecamatan Angkola Barat memiliki kemampuan sosial yang baik serta guru PAI mampu menerapkannya disekolah dan diluar sekolah. Dengan mampunya guru PAI dalam bersosial menjadikan guru PAI guru yang menjadi panutan serta guru yang memiliki hubungan dan komunikasi yang baik dengan masyarakat yang ada di lingkungan sekolah dan diluar sekolah. Dengan adanya kompetensi yang dimiliki oleh setiap guru PAI diharapkan membawa kemajuan besar dalam dunia pendidikan yang ada di Indonesia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag. dan Rahmadani Tanjung, M.Pd. |
Keywords: | Kompetensi Sosial; Guru PAI |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 28 Feb 2025 02:22 |
Last Modified: | 28 Feb 2025 03:21 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11642 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |