Hasibuan, Zuliana (2024) Pengaruh penggunaan media gambar terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS Kelas V MIN 1 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020500066.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Pusat perhatian dalam dunia pendidikan dan proses pendidikan adalah seorang guru. Proses belajar mengajar di sekolah tidak akan berjalan dengan baik tanpa peran seorang guru. Guru seharusnya menggunakan suatu pembelajaran yang mampu memancing respon peserta didik untuk belajar aktif yaitu dengan menggunakan media gambar pada pembelajaran IPS. Berdasarkan observasi yang dilakukan di MIN 1 Padangsidimpuan, kenyataan di lapangan sampai saat ini proses pembelajaran masih terbatas pada penerimaan materi yang disampaikan dengan metode ceramah tanpa menggunakan media pembelajaran. Tidak hanya itu, hasil pencatatan dokumen yang telah dilakukan diketahui ternyata prestasi belajar peserta didik belum mencapai hasil yang maksimal. Hal ini disebabkan kurangnya ketertarikan siswa terhadap mata pelajaran IPS, hal ini disebabkan tidak adanya penggunaan media pembelajaran. Maka dari itu tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaan media gambar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V MIN 1 Padangsidimpuan. Penelitian ini akan dilaksanankan di MIN 1 Padangsidmpuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah “One Groups Pretest-Posttest Design”. Peneliti mengambil sampel kelas V.A yang berjumlah 32 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Tes yang digunakan berjumlah 20 soal pretest dan 20 soal posttest. Hasil penelitian ini menunjukkan sebelumnya siswa menerima penggunaan media gambar diperoleh nilai rata-rata pretest siswa kelas 63,91. Kemudian dilanjutkan pembelajaran dengan penggunaan media gambar diperoleh nilai rata-rata post test siswa adalah 87,34. Berdasarkan tabel di atas diperoleh nilai sig.(2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan ada perbedaan rata-rata prestasi belajar sebelum penggunaan media gambar. Dan sesudah penggunaan media gambar. Dan nilai thitung > ttabel yakni 4,077 > 2,04 yang artinya trdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan penggunaan media gambar terhadap Prestasi belajar Siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Prof. Dr. H. Syafnan, M.Pd dan Efrida Mandasari Dalimunthe, M.Psi |
Keywords: | Media gambar; Prestasi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 25 Feb 2025 08:08 |
Last Modified: | 28 Feb 2025 01:23 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11626 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |