Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh self service technology (SST) terhadap kepuasan nasabah pengguna layanan digital Bank Syariah Indonesia

Aini, Nur (2024) Pengaruh self service technology (SST) terhadap kepuasan nasabah pengguna layanan digital Bank Syariah Indonesia. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940100049.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah nasabah yang menggunakan layanan Self Service Technology merasa tidak puas karena kendala penyelesaian transaksi, haĺ ini terlihat dari hasil wawancara nasabah menunjukkan bahwa tidak semua ATM BSI dapat digunakan kerena uang di ATM BSI sering kosong jika ada penarikan, mesin ATM BSI masih terbatas dan ATM rusak. Oleh karena itu, nasabah bank syariah indonesia lebih banyak menggunakan layanan mobile banking sebagai alat transaksi, namun dalam beberapa kasus transaksi bisa gagal karena gangguan jaringan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan Automatic Teller Machine (ATM) secara parsial terhadap kepuasan nasabah pengguna layanan digital Bank Syariah Indonesia, untuk mengetahui pengaruh layanan Mobile Banking secara parsial terhadap kepuasan nasabah pengguna layanan digital Bank Syariah Indonesia, untuk mengetahui pengaruh layanan Automatic Teller Machine (ATM) dan layanan Mobile Banking secara simultan terhadap kepuasan nasabah pengguna layanan digital bank syariah Indonesia. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, penelitian ini melibatkan sampel sebanyak 53 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel jenuh karena semua anggota populasi yaitu seluruh dosen FEBI Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan yang berjumlah 53 orang. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder yang diperoleh dari hasil angket dan observasi analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi dasar (uji normalitas, dan uji linieritas), uji asumsi klasik (uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas), uji hipotesis ( uji R, uji t, dan uji F) dan uji regresi linear berganda. Hasil uji t menunjukkan bahwa layanan Automatic Teller Machine (ATM) berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan nasabah pengguna layanan digital Bank Syariah Indonesia, layanan mobile banking berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan nasabah pengguna layanan digital Bank Syariah Indonesia. Kemudian uji F menunjukkan bahwa secara simultan layanan Automatic Teller Machine (ATM) dan mobile banking berpengaruh terhadap kepuasan nasabah pengguna layanan digital Bank Syariah Indonesia

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Wandisyah R Hutagalung, M.E. dan Indah Sari, M.E.
Keywords: Automatic Teller Machine; Mobile Banking; Kepuasan Nasabah
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0805 Distributed Computing > 080502 Mobile Technologies
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 10 Feb 2025 03:29
Last Modified: 11 Feb 2025 03:19
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11581

Actions (login required)

View Item View Item