Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi berbagai pekerjaan di Kelas IV SD Negeri 200507 Padangsidimpuan

Harahap, Ilmi Utari (2024) Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi berbagai pekerjaan di Kelas IV SD Negeri 200507 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020500072.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik pada materi berbagai pekerjaan . Penyebabnya pembelajaran yang masih menggunakan metode yang sama sehingga membuat peserta didik jenuh dan bosan. Mengatasi permasalahan ini peneliti mengambil solusi dengan penerapan model pembelajaran Discovery Learning yang akan berdampak peserta didik lebih aktif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) menggunakan model Discovery Learning di kelas IV SD Negeri 200507 Padangsidimpuan. Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas dengan melakukan 2 siklus, terdapat 2 kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri 200507 Padangsidimpuan di buktikan dengan Kegiatan pembelajaran pada prasiklus mencapai 39% dengan nilai rata-rata 57,3.Dari beberapa usaha yang dilakukan guru ternyata peserta didik ada peningkatan meskipun tidak signifikan akan tetapi sudah memenuhi nilai standar KKM yaitu 70.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Hj. Hamidah, M.Pd dan Maulana Arafat Lubis, M.Pd
Keywords: Hasil belajar; Model pembelajaran discovery learning
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 16 Jan 2025 08:49
Last Modified: 16 Jan 2025 08:49
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11527

Actions (login required)

View Item View Item