Nasution, Alviana Maharani (2024) Strategi guru pendidikan agama islam dalam mengembangkan sikap sosial siswa kelas IX Di SMP Negeri 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
ALVIANA MAHARANI NASUTION - Alviana Maharani.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Skripsi ini berjudul "Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Sikap Sosial Siswa Kelas IX Di SMP Negeri 2 Padangsidimpuan". Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan sikap sosial siswa kelas IX di SMP Negeri 2 Padangsidimpuan serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang dihdapi guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan sikap sosial siswa kelas IX di SMP Negeri 2 Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan mengeksploitasi data di lapangan dengan metode deskriptif yang bertujuan memberikan gambaran secara utuh tepat tentang strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan sikap sosial kelas IX di SMP Negeri 2 Padangsidimpuan. Sumber data primer yang dibutuhkan yaitu guru pendidikan agama Islam dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan wawancara. Adapun fokus dalam penelitian ini adalah strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan sikap sosial siswa kelas IX. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan sikap sosial siswa pada aspek disiplin yaitu melakukan pola pembiasaan dan memberikan contoh keteladanan seperti membiasakan siswa hadir tepat waktu, membiasakan mengikuti kegiatan apel pagi, mengerjakan tugas dengan tepat waktu dan menjaga kerapian dan kebersihan. Pada aspek tanggung jawab pembentukan sikap peduli pada siswa, dengan membiasakan siswa menerapkan nilai-nilai sosial seperti takziah, gotong royong membersihkan lingkungan sekolah dan menjenguk teman sakit. Dalam pembelajaran guru memberikan sugesti untuk membangkitkan gairah belajar siswa. Perilaku siswa yang melanggar tata tertib sekolah akan diberikan sanksi. Sikap sosial pada aspek percaya diri guru pendidikan agama Islam menerapkan strategi pembelajaran kooperatif dimana siswa saling bekerja sama dalam menyelesaikan tugas dan mempresentasikan hasil diskusi. Faktor pendukung dalam mengembangkan sikap sosial siswa berasal dari seorang guru itu sendiri dimana peran guru dominan untuk menumbuhkan rasa sosial siswa. Seorang siswa akan mencontoh perilaku yang dicontohkan oleh gurunya. Selanjutnya faktor penghambat dalam pengembangan sikap sosial yaitu berasal dari faktor eksternal seperti pengaruh gedget yang menyebabkan siswa kurang peka terhadap kondisi kelas dan kurangnya bersosialisasi antar sesama
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Erawadi, M.Ag. dan Agung Kaisar Siregar, M.Pd. |
Keywords: | Strategi Guru Pendidikan Agama Islam; Sikap Sosial Siswa |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 21 Dec 2024 04:03 |
Last Modified: | 21 Dec 2024 04:03 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11523 |
Actions (login required)
View Item |