Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pemasaran produk gadai dalam menarik minat nasabah pada PT. Pegadaian Syariah Sipirok

Yuliana, Rima (2024) Strategi pemasaran produk gadai dalam menarik minat nasabah pada PT. Pegadaian Syariah Sipirok. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1740100273.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan penelitian mengenai minat nasabah dan bagaimana PT. Pegadaian Syariah Sipirok untuk menarik nasabah untuk mengguanakan produk-produk PT Pegadaian Syariah Sipirok. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan gadai syariah yakni mencakup pengertian, rukun dan syarat, persamaan dan perbedaan gadai syariah dan konvensional. Strategi pemasaran yang mencakup pengertian pemasaran, proses pemasaran, dan yang terakhir bauran pemasaran. Pegadaian syariah cabang Sipirok dengan menggunakan 4P, yang pertama product, dengan menyediakan banyak produk, namun nasabah hanya memilih produk rahn, amanah, mulia, tabungan digital, ar-rum . Kedua, place, yaitu dengan membuka UPS, namun hal ini dapat mengurangi nasabah di kantor cabang. Ketiga, promotion, dengan cara personal selling, sehingga perlu ditambah lagi melalui periklanan dan publisitas. Keempat, price, memberikan diskon apabila tidak mencapai batas maksimum persentase pinjaman sebesar 90% dari taksiran barang jaminan. Jadi, strategi pemasaran yang dilakukan sudah lebih baik dapat dilihat dari pendapatan 2022 s/d 2023 dimana adanya penurunan namun 3 tahun terakhir yaitu pada tahun 2023 sudah mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Windari, S.E., M.A. dan Arti Damisa, S.H.I., M.E.I.
Keywords: Strategi; Produk Gadai; Minat Nasabah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150115 Sharia Accounting
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 19 Dec 2024 04:42
Last Modified: 19 Dec 2024 04:42
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11493

Actions (login required)

View Item View Item