Munthe, Indah Pratiwi (2024) Persepsi mahasiswa terhadap metode pembelajaran diskusi dalam meningkatkan motivasi belajar (studi pada mahasiswa program studi PAI angkatan 2020 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
2020100014.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (7MB) |
Abstract
Metode diskusi dianggap lebih interaktif sebab setiap individu diperbolehkan untuk mengutarakan pendapatnya. Melalui interaksi mahasiswa dalam diskusi kelompok diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berfikir dan motivasi belajar Mahasiwa. Namun berdasarkan proses pembelajaran yang terjadi selama ini peneliti melihat bahwa ada beberapa masalah yang terjadi pada proses pembelajaran menggunakan metode diskusi ini seperti sikap kurang peduli mahasiswa pada proses pembelajaran diskusi, sebagian mahasiswa masih bersifat pasif dan enggan berkontribusi atau menyampaikan pendapatnya pada saat metode diskusi ini dilakukan. Hal-hal tersebut menunjukkkan kurangnya minat dan motivasi belajar mahasiswa pada saat proses pembelajaran.Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi mahasiswa terhadap metode pembelajaran diskusi dalam meningkatkan motivasi belajar (Studi Pada Mahasiswa Program Studi PAI Angkatan 2020 Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa terhadap metode pembelajaran diskusi dalam meningkatkan motivasi belajar (Studi Pada Mahasiswa Program Studi PAI Angkatan 2020 Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan desain analisis deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam Angkatan 2020. Adapun sampel yang diambil berjumlah 77 mahasiswa dari 327 populasi. Teknis analisis data menggunakan teknik pengkodean (Coding), penskoran (scoring) dan persentase. Dalam pengumpulan data penelitian menggunakan metode angket atau kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa skor rata-rata (mean) persepsi mahasiswa terhadap metode pembelajaran diskusi dalam meningkatkan motivasi belajar (Studi Pada Mahasiswa Program Studi PAI Angkatan 2020 Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan) adalah 80,56:20 = 4,02 yang berada pada skala interval 3,43-4,23 atau berkategori positif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Prof. Dr. Syafnan, M.Pd. dan Dr. Zulhammi, M.Ag., M.Pd. |
Keywords: | Persepsi Mahasiswa; Metode Diskusi; Motivasi Belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 04 Dec 2024 14:54 |
Last Modified: | 05 Dec 2024 02:09 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11425 |
Actions (login required)
View Item |