Eliyawati, Eliyawati (2023) Penerapan model pembelajaran picture and picture untuk meningkatkan hasil belajar PPKn siswa SDN 200220 di Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920500213.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (9MB) |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa hasil belajar PPKn siswa di SDN 200220 Padangsidimpuan masih rendah dan belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hal ini disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran yang membuat siswa merasa bosan, seperti metode ceramah dan tanya jawab. Selain itu guru hanya mengandalkan textbook. Sehingga kurangnya hasil belajar PPKn siswa, dan kurangnya konsentrasi siswa selama proses pembelajaran. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Apakah penerapan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) siswa di kelas III-B SDN 200220 Padangsidimpuan? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) siswa di kelas III-B SDN 200220 Padangsidimpuan dalam menerapkan model pembelajaran picture and picture. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model Kemmis dan Taggart yang berisi tahapan perencanaan, tahap pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III-B SDN 200220 Padangsidimpuan, dengan jumlah siswa 28 orang siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi proses penerapan model pembelajaran picture and picture. Penerapan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) siswa di kelas III-B SDN 200220 Padangsidimpuan. Hal itu dapat dibuktikan dengan persentase ketuntasan dari prasiklus sampai siklus I dan siklus II. Pada kondisi awal nilai rata-rata 65,7 dan ketuntasan klasikal 25%. Setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran picture and picture pada siklus I pertemuan I diperoleh nilai rata-rata siswa mencapai 73,7 dan ketuntasan klasikal 43%. Pada siklus I pertemuan II nilai rata-rata siswa mencapai 77,3 dan ketuntasan klasikal 61%. Pada siklus II pertemuan I nilai rata-rata siswa mencapai 85,1 dan ketuntasan klasikal 71%. Siklus II pertemuan II nilai rata-rata siswa mencapai 89,2 dan ketuntasan klasikal 89%
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Hamdan Hasibuan, M.Pd dan Maulana Arafat Lubis, M.Pd |
Keywords: | Picture and Picture; Hasil Belajar; PPKn |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 14:55 |
Last Modified: | 31 Oct 2024 08:17 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11202 |
Actions (login required)
View Item |