Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penggunaan media pop up book (buku timbul) untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika di Kelas IV SD Negeri 200113 Padangsidimpuan

Dewi, Revi Resita (2024) Penggunaan media pop up book (buku timbul) untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika di Kelas IV SD Negeri 200113 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020500108.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan karena kurangnya pengunaan media pembelajaran sehingga mengakibatkan siswa merasa bosan saat pembelajaran berlangsung. Termasuk mengenai materi bangun datar pada pembelajaran matematika. Dalam proses pembelajaran yang dilakukan dengan cara belajar siswa di dalam kelas pada pembelajaran matematika masih monoton dan masih terpokus ke pada guru. Minimnya ketertarikan peserta didik dalam proses pembelajaran karena kurang bervariasi menggunakan media pembelajaran, ketika pembelajaran berlangsung sehingga membuat siswa merasa bosan dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran masih kurang, sehingga peserta didik kurang aktif saat proses pembelajaran sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar. Peneliti mencari media yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan media Pop Up Book.Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Matematika di kelas IV SD Negeri 200113 Padangsidimpuan, melalui penggunaan media Pop Up Book pada materi bangun datar.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaborasi dengan guru wali kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 200113 Padangsidimpuan dengan subjek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 27 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan butir soal. Analisis data kualitatif. Prosedur PTK dimulai dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksankan dua siklus, setiap siklus dua kali pertemuan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan media Pop Up Book mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar pada siklus I pertemuan I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 10 orang dengan persentase ketuntasan 37,03 % dan jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 17 orang dengan persentase 62,96 %. Siklus I pertemuan II jumlah siswa yang tuntas sebanyak 16 siswa dengan persentase ketuntasan 59,25 % dan jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 11 orang dengan persentase 40,74 %. Pada siklus II pertemuan I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 18 siswa dengan persentase ketuntasan 66,66% dan jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 11 orang dengan persentase 33,33%. Sedangkan pada siklus II pertemuan II jumlah siswa yang tuntas sebanyak 22 orang dengan persentase ketuntasan 81,48% dan jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 5 orang dengan persentase 18,51 %. Dapat disimpulkan bahwa, penggunaan media Pop Up Book dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika di kelas IV SDN 200113 Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Prof. Dr. Drs. H. Syafnan, M.Pd dan Syafrilianto, M.Pd
Keywords: Media pop up book; Hasil belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 23 Oct 2024 05:02
Last Modified: 23 Oct 2024 05:02
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11197

Actions (login required)

View Item View Item